Regu Putri menangkan lomba rangkai kata dalam PERKARI 2023. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Perkemahan Pramuka Mandiri atau yang biasa disebut dengan istilah PERKARI, merupakan kegiatan tahunan ekstrakurikuler Pramuka yang dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kegiatan ini telah diselenggarakan pada Kamis-Sabtu (18-20/05/2023). Beraneka macam kegiatan dilaksanakan dalam kegiatan tersebut. Rundown kegiatan yang padat merayap menjadi acuan para siswa dalam memprediksi waktu mereka. Beraneka perlombaan yang menuntut adanya ketangkasan dan kecerdasan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

Seperti halnya kejutan games “Rangkai Kata” yang telah disiapkan panitia. Dalam games ini siswa harus mampu berpikir cepat, tangkas, dan memiliki kerjasama yang baik. Seusai upacara pembukaan PERKARI, siswa dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni kelompok putra dan putri. Setiap siswa telah mendapatkan satu tanda peserta PERKARI yang berupa cocard. Kejutannya, di belakang cocard tersebut, telah ditempeli masing-masing satu huruf atau angka secara acak. 

Tugiyo, S.Ag., Pembina Gugus Depan 15011-15012 MTsN 2 Bantul, merupakan pencetus ide games ini. Cocard pun telah didesain sedemikian rupa oleh si acara lengkap dengan huruf/angka di sebaliknya. 

“Kita akan bermain Rangkai Kata. Di belakang cocard telah tercantum huruf atau angka, silahkan dilihat dan ditunjukkan pada teman yang lain, nanti bila angka atau huruf milik kalian dibutuhkan untuk merangkai kata, maka majulah sesuai dengan urutannya. Regu yang menang adalah regu yang paling cepat dan tepat selesai merangkai kata,” jelas Tugiyo kepada seluruh siswa. 

Kata yang harus dirangkai adalah “Madsandaba Ceria Berprestasi”. Para siswa tampak bingung akan memulai kemudian dibantu Dewan Penggalang untuk memulai dari huruf pertama untuk maju ke depan disusul huruf lainnya. Suasana regu putra dan putri tampak heboh luar biasa dan akhirnya tampil sebagai pemenang regu putri. 

Pemilik kartu berjajar setengah lingkaran sesuai urutannya, kemudian menunjukkan angka yang dimilikinya. Disusul siswa putri lainnya yang ikut berfoto bersama dengan menampilkan halaman depan cocard, agar berbeda dengan yang rangkaian kata. Semua siswa, DP, dan guru pendamping larut dalam kemeriahan games dalam PERKARI tersebut. Tentu saja setelah kegiatan ini berlalu. Keseruan dan kekompakan inilah yang mereka rindukan. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.