26 Februari 2024
Suasana upaca bendera dalam rangka hari kesaktian pancasila. (dok.enn)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Kamis, (01/06/2023) MTsN 2 Bantul mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila. Tema yang diusung dalam tahun ini adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Siswa kelas 7 dan 8 berkumpul di lapangan upacara menggunakan kostum seragam upacara. Putih biru dan jas almamater MTsN 2 Bantul. Cuaca yang cerah mengiringi upacara khidmad pada pagi itu. Tak hanya diikuti oleh siswa, upacara juga diikuti oleh seluruh guru maupun karyawan. Guru dan karyawan menggunakan kostum baju adat.

Siswa osis sebagai petugas upacara pada kesempatan kali ini. Sebelumnya mereka sudah berlatih dengan Tugiyo dan susanti, selaku waka kesiswaan MTsN 2 Bantul. Pada kesempatan itu Musa Surahman selaku pembina upacara. Dalam kesempatan itu, Musa menyampaikan beberapa amanat yang terangkum dalam filosofi prinsip-prinsip pancasila, yakni ketuhanan, kemanusiaan, kebinekaan, dekomrasi dan keadilan sosial. Musa juga menambahkan perlunya siswa-siswi melanjutkan perjuangan pahlawan, menghargai perjuangan pahlawan, hingga tak lupa Musa berpesan pada siswa untuk rajin belajar dan juga menjaga kebersihan lingkungan madrasah.

“Saya harap siswa-siswi MTsN 2 Bantul dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sederhana, sehingga dapat menjadi dan membentuk karakter. Dikemudian hari pasti itu sangat bermanfaat. Jika sudah menjadi karakter InsyaAllah akan menjadi budaya, hingga tercipta suasana yang aman, damai dan harmonis,” pungkas Musa dalam sambutannya. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.