26 Februari 2024
Panitia PERKARI 2023 MTsN 2 Bantul berikan bonus 2x jatah makan gratis pada seluruh peserta.(dok:swi)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Perkemahan Pramuka Mandiri (PERKARI) menjadi wadah bagi siswa kelas VII MTsN 2 Bantul untuk berlatih hidup mandiri, jauh dari orang tua ataupun keluarga. Para siswa berlatih menyediakan makanan sendiri, mengurus perlengkapannya sendiri, Selin juga mengurus berbagai kegiatan untuk regunya. Tuntutan untuk bersikap berani, percaya diri, mandiri, dan toleransi membuat siswa banyak belajar untuk berbenah dan memperbaiki diri. 

Dalam PERKARI, siswa juga masih diberikan banyak kemudahan. Perkemahan tidak semengerikan yang dibayangkan. Tidak ada ploncoan, namun menawarkan kebersamaan dan kegembiraan. Siswa berlatih dalam pendampingan dan pengawasan. Hal ini membuat para orang tua siswa lega dan tidak terlalu mengkhawatirkan putra putri mereka. 

Tak hanya itu saja. Selama PERKARI dari enam kali makan, MTsN 2 Bantul memberikan siswa dua kali makan gratis. Artinya dua dari enam klo siswa tidak perlu memasak. Mereka tinggal mengambil jatah makan dari panitia. Pemberian jatah makan menyesuaikan kepadatan jadwal siswa, yakni malam sebelum api unggun dan pagi pada hari terakhir. Sebelum api unggun siswa telah mengikuti banyak rangkaian kegiatan yang menguras tenaga, pemberian jatah makan gratis ini menghemat waktu dan tenaga mereka sehingga bisa langsung makan dan mengikuti kegiatan selanjutnya. Sedangkan pada pagi harinya banyak siswa telah mulai berkemas, bahkan sudah kehabisan bahan makanan. Hal ini sangat membantu mereka sehingga perut tetap kenyang meski bahan makanan tak lagi tersisa.

Hal senada diungkapkan oleh Arjuna, seorang peserta PERKARI yang mengaku sangat terbantu dengan hal tersebut. Ia juga berterima kasih kepada seluruh guru, kakak dewan penggalang, dan pembina yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama ini. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.