26 Februari 2024
Aksi Tari Kreasi Ondel-ondel dari Siswa MTsN 2 Bantul dalam PERKARI. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Beragam kegiatan yang bertendensi kearifan lokal diselenggarakan dalam Perkemahan Pramuka Mandiri (PERKARI). Salah satunya adalah kegiatan pentas seni yang mengangkat tema budaya. Hal ini dibuktikan dengan penampilan memukau dari seorang peserta PERKARI 2023 yang menampilkan Tari Kreasi Ondel-Ondel dari DKI Jakarta. Tari khas Betawi ini menjadi tarian penutup yang membuat seluruh juri,  pembina, guru pendamping, dan peserta PERKARI turut begoyang dan menari. 

“Benar-benar bikin flashmob Tari Ondel-Ondel dadakan ini. Yang tadiny peserta hampir tertidur saat pensi masih berlangsung, semua lantas ikut berdiri dan menari. Hilangkan rasa mengantuk dan lejitkan semangat kembali,” ungkap Agus Purnomo, S.Pd. salah satu host pensi  sekaligus ketua panitia PERKARI, Jum’at (19/05/2023).

Syifa Putri Sulistyaningsih, siswa kelas VII D si penari Tari Kreasi Ondel-Ondel ini mengaku menyukai tarian ini sejak SD. Irama musik yang menghentak-hentak khas Betawi membuatnya bersemangat. Selain pandai menari Ondel-Ondel, Syifa juga belajar tarian lainnya di sanggar tari yang ia ikuti. Yulian Istiqomah, selaku juri dalam ajang pentas seni tersebut meminta Syifa untuk terus berlatih dan belajar beragam tarian. Ia juga meminta Syifa untuk tampil dalam acara-acara besar madrasah. Luar biasanya, Syifa pun dengan senang hati menyanggupi.

Tak kalah luar biasa’, tampil juga menyanyi solo, Kanaya Radianto. Timbre suara lembutnya mengalun indah membawakan lagu “Mesin Waktu” dari Budi Doremi, dan Andai Aku Bisa dari Chrisye. Ada juga penampilan adu yel-yel, pidato, baca puisi, balas pantun, Opera, dll. Semoga peserta PERKARI tahun depan lebih kreatif dan bersemangat lagi. Aamiin.(yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.