26 Februari 2024
Foto Bersama Peserta Peningkatan Pengelola PPG Madrasah II. (dok:Musa)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kepala MTsN 2 Bantul Musa Surahman, S.Ag mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi Pengelola Data PPG Madrasah Angkatan II selama 3 hari Selasa – Kamis (23-25 Mei 2023) di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Jl. Palagan Tentara Pelajar No.KM.7, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara tersebut diselenggakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dalam rangka persiapan pelaksanaaan PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun Anggaran 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh 45 peserta dari seluruh Indonesia. Peserta dari DIY sebanyak 7 orang.

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Pengelola Data PPG Madrasah Angkatan II dibuka oleh Direktur GTK Madrasah Dr. Muhammad Zain, M.Ag. Materi pembukaan yang disampaikan oleh Muhammad Zain terkait Arahan dan Penyampaian Kebijakan Disiplin Kehadiran Guru Madrasah. Adapun Materi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah dipaparkan oleh Prof. Ishom Yusqi, M.Ag Direktur KSKK Madrasah. Pemaparan materi penutup hari pertama terkait Kebijakan Cuti dan Libur Guru -Kebijakan Kebutuhan Guru Madrasah disampaikan oleh Dr. Ainurrofiq, M.Ag, Dr. Mustofa Fahmi, S.Pd.,M.Ed dan Arif Nugraha, M.Kom.

Hari kedua sesi pertama, Farhan Abdi Utama, SH.,MH (BKN) dari Tim Biro Hukum dan KLN Tim Inspektorat Jenderal menyampaikan materi Pembahasan KMA Disiplin Kehadiran Guru (Libur dan Cuti) Guru pada Satuan Pendidikan binaan Kementerian Agama dan dilanjutkan dengan diskusi bersama moderator Mustofa Fahmi.

Sesi kedua, membahas tentang Pembahasan KMA Kebutuhan Guru Madrasah oleh Tim Biro Kepegawaian dan dilajutkan diskusi dengan moderator Arif Nugraha. Sesi terakhir di hari kedua adalah tentang Kebijakan Integrasi Sistem Presensi Guru (EMIS-SIMPATIKA-SIMPEG) yang dipaparkan Dr. Rohmat Mulyana, M.Pd (Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam) dilanjutkan Paparan dan Penyusunan Fatwa/Rekomendasi Seluruh Peserta Kegiatan.

Hari ketiga atau hari terakhir kegiatan adalah pemaparan materi Beban Kerja Guru Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah yang disampaikan oleh Tim Kurikulum Merdeka Madrasah dan dilanjutkan dengan acara penutupan.

Musa Surahman ketika ditemui tim kontributor berita menyampaikan senang bisa mengikuti kegiatan tersebut, banyak ilmu yang didapat dan juga bisa memberikan masukan/ide-ide. “Semoga hasil dari kegiatan ini bisa bermanfaat khususnya bagi para guru madrasah,” harap Musa. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.