2 Maret 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Ramadhan tahun ini, tim keagamaan MTsN 2 Bantul selenggarakan pesantren Ramadhan. Adapun salah satu rangkaian kegiatannya adalah pentasyarufan beras zakat fitrah. Sebagai ketua panitia sekaligus penanggung jawab kegiatan adalah Agus Purnomo. Menurutnya panitia telah menerima pengumpulan beras zakat fitrah 2,5 kg atau jika berupa uang untuk dibelikan beras sebesar Rp 33.000,00 dari para muzakki yang terdiri dari peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan MTsN 2 Bantul sejak Senin – Kamis (10-13/04). Sebanyak 330 kg beras terkumpul dan telah ditasyarufkan (diserahkan) kepada peserta didik, yatim piatu, GTT, PTT dan warga sekitar madrasah yang masuk kategori penerima zakat fitrah pada Jumat dan Sabtu (14-15/04) dan yang belum tersalurkan dibagikan pada saat pesantren Ramadhan, Senin (17/04).

Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman menyampaikan bahwa penyaluran beras zakat fitrah merupakan kegiatan rutin tahunan madrasah pada bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini selalu melibatkan peserta didik dan seluruh warga madrasah. “Hal ini bertujuan untuk mengajarkan pada siswa akan pengamalan Rukun Islam yang keempat yakni membayar zakat. Selain itu juga menerapkan materi yang di dapat di kelas, sekaligus melatih mereka agar menjadi pribadi yang Islamis yang memiliki sifat akhlakul karimah untuk berbagi terhadap sesama,” tandas Musa.

Agus Purnomo menyampaikan bahwa pentasyarufan beras zakat fitrah berlangsung lancar tanpa kendala. “Alhamdulillah kegiatan pengumpulan sampai dengan pentasyarufan beras zakat fitrah berjalan lancar. Semoga beras yang kita salurkan bisa bermanfaat bagi yang menerimanya dan dapat digunakan untuk berlebaran. Bagi yang berzakat, semoga mendapatkan pahala dari Allah SWT”, ungkap Agus. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.