Bantul (MTsN 2 Bantul) – Menjelang berakhirnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada bulan Ramadhan tahun 1444 H, MTsN 2 Bantul gelar kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini diadakan pada hari Senin (17/04), dimulai 14.00 WIB dan berakhir pukul 20.15 WIB. Kegiatan difokuskan di Mushola Raudhatul ‘Ulum. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan MTsN 2 Bantul ini diawali dengan Muqoddaman di kelas masingmasing yang dipandu 2 orang guru Tutor, masing-masing kelas wajib khatam 2 juz. Setelah muqoddaman dilanjutkan sholat ‘Ashar berjamaah. Kemudian rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan, meliputi Seminar Edukasi dari OFOS Charity, pembagian ZIS, buka bersama, sholat maghrib berjamaah dan diakhiri sholat ‘Isya’ dan tarawih.  

Pesantren Ramadhan dibuka oleh Musa Surahman selaku Kepala MTsN 2 Bantul. Dalam sambutannya, Musa menyampaikan tujuan dari kegiatan Pesantren Ramadhan. “Kegiatan hari ini tujuannya adalah untuk menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam bagi kehidupan kita sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Maka saya berharap anak-anak memperhatikan dan bisa mengikuti seluruh rangkain kegiatan dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan bakda sholat ‘Ashar diisi dengan kegiatan Seminar Edukasi dari OFOS Charity, yaitu sebuah yayasan amal yang membantu penyandang tuna daksa. Siswa mengikuti seminar edukasi Memahami Tumbuh Kembang Menuju Tahap Remaja yang bertema “Yuk Mengenal Diri Sendiri.” Hadir sebagai Narasumber, Deassy M Destiani, seorang Pendidik, Penulis dan Konselor Keluarga.. Seminar ini mengajak siswa untuk mengenali diri sendiri dan fokus terhadap tujuan hidupnya agar tidak mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas yang menjerumuskan generasi muda. Seminar ini juga mengajak siswa beramal untuk membantu para penyandang tuna daksa. Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Donasi yang terkumpul dari para siswa untuk membantu penyandang tuna daksa sebesar Rp 9.000.000,00. “Alhamdulillah, terima kasih banyak atas donasi dari siswa semua. Semoga berkah, selanjutnya donasi ini akan segera kami salurkan untuk Pembuatan Kaki Palsu melalui media donasi amplop OFOS,” ujar Deassy. 

Acara berikutnya adalah pembagian ZIS dan Materi Keislaman yang diberikan oleh Ahmad Daris Mustofa, dilanjutkan dengan ishoma (Buka Bersama dan sholat Maghrib berjamaah). Kegiatan Pesantren Ramadha ditutup dengan sholat ‘Isya dan sholat Tarawih berjamaah yang diimami oleh Nurhadi. “Alhamdulillah siswa kita terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan ini, mudah-mudahan tim keagamaan dapat konsisten mengadakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya,” pungkas Agus Purnomo selaku ketua panitia. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.