26 Februari 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – MTsN 2 Bantul menjadi salah satu madrasah yang ditunjuk menjadi  lokasi pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA PPG) pada hari Sabtu dan Minggu (24-25/3). Laboratorium Komputer MTsN 2 Bantul menjadi ruang utama yang akan digunakan untuk pelaksanaan ujian para peserta USKA.

Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul menunjuk 2 proktor, Nurhadi dan Bahtiar Wiwit Dwiyanto untuk menyiapkan ruang dan segala sesuatunya yang terkait dengan pelaksanaan USKA tersebut agar saat pelaksanaan nantinya bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala yang terjadi. Sejak hari Kamis, dalam suasana puasa awal Ramadhan Nurhadi dan Wiwit  menyiapkan ruang lab yang sudah akan digunakan untuk simulasi pada hari Jumatnya. Musa menyampaikan, “Karena MTsN 2 Bantul ditunjuk menjadi salah satu lokasi USKA PPG maka perlu kita persiapkan dengan baik. Jaringan internet juga jangan sampe terjadi trouble, listrik juga semoga tidak mengalami pemadaman,” ungkapnya. Lebih lanjut Musa mengatakan, “Dari madrasah kita ada 1 guru yang akan mengikuti USKA ini yaitu Purwito Aji Yuwono, yang biasanya menjadi proktor tetapi kali ini ia menjadi peserta tes di hari pertama. Kita doakan semoga pak Aji bisa lolos, sukses,” ujarnya.

USKA PPG merupakan sebuah kegiatan seleksi melalui asesmen untuk menentukan para calon peserta PPG di seluruh Indonesia. Program yang diusung oleh Dorektorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tersebut memfasilitasi para guru madrasah yang belum mendapatkan Sertifikat Pendidik dan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Kegiatan Monitoring pelaksanaan USKA tahun 2023 bagi guru madrasah secara serentak se-Indonesia yang dilaksanakan secara online dengan berbasis TUK di MTsN 2 Bantul dihadiri oleh Analis SDM Aparatur Ahli Muda Seksi Guru Bidang Penmad Kanwil Kemenag DIY, Edy Purwanto, Jauhar Mukhlis Sulistiyanta, dan Ahmad Musyadad, Kasi Dikmad Bantul.

Nurhadi, ketika ditemui tim kontributor berita seusai pelaksanaan USKA menyampaikan, “Peserta yang ikut tes di MTsN 2 Bantul sangat beragam. Ada yang membawa bayinya saat ujian, ada yang tuna netra, dan ada juga yang berasal dari jauh. ”Alhamdulillah pelaksanaan lancar, semoga mereka yang ikut ujian bisa lolos semuanya,” pungkasnya. (agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.