26 Februari 2024
Pembinaan KOmpetensi Nazhir dan Amil Kemenag Bantul yang dihadiri oleh UPZ MTsN 2 Bantul. (dok:nur)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kementerian Agama Kabupaten Bantul menggelar kegiatan pembinaan kompetensi nazhir  dan amil pada Kamis (16/03) di WOS Gatak Timbulharjo pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh UPZ MTsN dan MAN se-Kabupaten Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi nazhir dan pengetahuan bagi amil tentang pengelolaan ZIS.

Dalam acara tersebut, Ahmad Shidqi, selaku Kepala Kemenag Bantul memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya zakat, infaq dan shodaqoh sebagai wujud peran sosial masyarakat di Kabupaten Bantul. Pada kesempatan tersebut, beliau juga menjelaskan mengenai regulasi pemotongan gaji dan tunjangan ASN Kemenag Bantul. “ Setiap ASN di Kemenag Bantul diberlakukan pemotongan gaji dan tunjangan sebesar 2,5%. Mulai tahun ini, pemotongan dilakukan oleh Kemenag Bantul, kemudian 30% untuk Baznas dan 70% dikelola oleh masing-masing UPZ,” jelasnya. Dengan adanya sentralisasi, beliau berharap dapat membantu Baznas dalam mengelola zakat.

Pada kesempatan itu, penghimpunan dan pengelolaan ZIS disampaikan oleh narasumber dari Baznas, KH. Damanhuri. “ZIS Pemerintah Kab. Bantul pada tahun 2022 telah terkumpul sebanyak 7M, dan 2M diantaranya berasal dari ASN Kemenag Bantul,” ungkapnya. “ Lingkungan kerja sangat berpengaruh pada tingkat kesadaran untuk berzakat, semoga untuk yang akan datang akan lebih besar lagi penghimpunan ZIS dari ASN Kab. Bantul,” harapnya. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.