2 Maret 2024

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Siti Arifah, Kepala Tata Usaha (TU) MTsN 2 Bantul menghadiri undangan dari Kelompok Kerja (Pokja) Kepala Tata Usaha (TU) MTsN dan MAN Se-Kabupaten Bantul pada Rabu (15/03). Agenda diselenggarakan di Warung Omah Sawah (WOS). Dalam agenda tersebut diisi dengan Bimtek Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi). Hadir sebagai narasumber adalah Coni Yuniarko, Pranata Komputer dan Edi Purwanto, Arsiparis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Coni dalam paparannya menyampaikan bahwa, “Aplikasi SRIKANDI digunakan untuk tata persuratan. Untuk kebutuhan aplikasi SRIKANDI dibutuhkan 4 (empat) hal yaitu NIK, Email, Foto dan Scan tanda tangan kepala madrasah dan kepala TU,” jelas Coni. Lebih lanjut Coni menjelaskan alamat membuka aplikasi. “Untuk membuka aplikasi ini dengan Srikandi.arsip.go.id. Untuk login menggunakan username dan password.  Adapun setelah masuk pada tampilan beranda SRIKANDI buka Registrasi naskah masuk, isikan semua item yang diminta pada tampilan tersebut dan upload scan surat masuk. Setelah terisi semua lalu disimpan. Selanjutnya buka naskah masuk untuk mencari surat masuk dengan memasukkan nomor naskah, halaman dan asal naskah. Setelah itu untuk disposisi buka naskah disposisi, cari tanggal disposisi, tanggal naskah masuk dan status tindak lanjut dan aksinya,” pungkas Koni.

Narasumber kedua, Edi Purwanto memaparkan tentang bagaimana cara memusnahkan arsip dan pemilahan arsip dengan cara membentuk tim dari semua madrasah. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.