26 Februari 2024
Rakor Perlindungan Bahasa Daerah (Jawa) di Hotel Artotel. (dok: Aji)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Antarinstansi dalam rangka Perlindungan Bahasa Daerah (Jawa) di Yogyakarta pada Selasa (7/3) bertempat di Hotel Artotel Jl. Kaliurang Km. 5,6 Sleman. Peserta Rakor adalah perwakilan intansi dinas pendidikan, dinas kebudayaan kabupaten/kota se-D.I.Yogyakarta yaitu perwakilan instansi SD, SMP dan MTS 1 kota 4 Kabupatena se DIY dan juga ketua MGMP Bahasa Jawa SD/SMP/MTs se DIY. Purwito Aji Yuwono, guru Bahasa Jawa MTsN 2 Bantul sekaligus ketua MGMP Bahasa Jawa MTs Kabupaten Bantul hadir dalam acara tersebut. Ia mengikuti kegiatan hingga akhir.

Hadir memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara adalah Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardoy. Didik juga menjadi narasumber dalam acara tersebut. Ia memaparkan tentang Kebijakan Pemerintah DIY dalam Pemeliharaan dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa di sekolah. Adapun paparan tentang rencana pembelajaran dan praktik baik pemeliharaan dan pengembangan bahasa, sastra, dan aksara Jawa di SD dan SMP/MTs disampaikan oleh Sinar Indrakrisnawan dan Slamet Nugroho.

“Hasil kordinasi dengan BBY antara lain berkomitmen melestarikan bahasa, sastra, aksara dan budaya Jawa, berusaha mendorong siswa dalam pelestarian Bahasa, sastra,aksara dan budaya Jawa, menjalin komunikasi antar linki yang diinisiasi oleh BBy untuk mengadakan kompetisi/lomba/ festival bermuatan bahasa, sastra, aksara dan budaya Jawa, dan mendorong instansi di bawah Kanwil Kemenag DIY dalam melestarikan dan keikutsertaan dalam hal bahasa ,sastra,aksara dan budaya Jawa,” pungkasnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.