26 Februari 2024
Pertemuan MGMP Bahasa Inggris yang dihadiri Guru MTsN 2 Bantul. (Dok: Agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – MGMP Bahasa Inggris MTs Se-Kabupaten Bantul selenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG)/Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Kurmer), Selasa (7/3). Kegiatan wokshop bertempat di MTs Muhammadiyah Kasihan, Bantul. Hadir sebagai narasumber adalah Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Pleret, Ratri Evasari. Kegiatan diikuti oleh guru Bahasa Inggris se-Kabupaten Bantul. Tiga guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul, Sumartini, Agustina Suhartati, dan Susanti hadir juga dalam kegiatan ini untuk mendapatkan ilmu baru terkait Kurmer.    

Siti Nur Rohmah, ketua MGMP Bahasa Inggris memandu acara KKG tersebut. Ia menyampaikan bahwa kegiatan KKG dimaksudkan untuk membekali para guru menyongsong diberlakukannya Kurmer pada tahun pelajaran 2022/2023 yang akan datang.

Sambutan dari tuan rumah disampaikan oleh Waka Kurikulum MTs Muhammadiyah Kasihan, Suliki. “Terima kasih dan selamat datang di MTs Muhammadiyah Kasihan, kami memohonkan ijin kepala madrasah karena tidak bisa membersamai agenda ini dikarenakan ada agenda lain yang bersamaan. MGMP ini wajin diikuti oleh bapak/ibu semua sebagai sarana pengembangan diri bapak/ibu. Semoga ilmu yang bermanfaat yang bapak/ibu dapatkan dalam pertemuan ini,” ucapnya.

Ratri Evasari, dalam paparannya menyampaikan materi modul ajar Kurmer. Ratri juga memberikan contoh modul ajar sebagai gambaran konkrit seperti apa desain pembelajarannya. “Salah satu langkah sebelum pembelajaran adalah asesmen awal. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar siswa. Ketiga poin tersebut sangat penting sebagai acuan dalam menyusun pembelajaran diferensiasi dan  merancang Lembar Kerja (LK),” ungkap Ratri.

“Dalam IKM, guru dituntut lebih mempersiapkan LK dan media pembelajaran. LK yang harus dipersiapkan ada 3 yaitu LK untuk siswa slowmedium dan ahli,” imbuhnya. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait Kurmer. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.