Siswa MTsN 2 Bantul Sukses Laksanakan Tryout ASPD Dikpora Tahap Kedua. (Dok: yis)

Siswa MTsN 2 Bantul Sukses Laksanakan Tryout ASPD Dikpora Tahap Kedua. (Dok: yis)

Siswa MTsN 2 Bantul Sukses Laksanakan Tryout ASPD Dikpora Tahap Kedua. (Dok: yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Tryout merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebab dapat menguji tingkat kemampuan siswa sebelum melaksanakan ujian yang sebenarnya. Bagi siswa kelas IX, ASPD merupakan penilaian yang harus mereka hadapi untuk menyelesaikan tugas pendidikan di MTs Negeri 2 Bantul. ASPD ini khususnya dilaksanakan di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara’ di daerah lainnya ada yang tidak lagi memberlakukan Penilaian Akhir bagi kelas IX sebagaimana peraturan pemerintah terkait penghapusan ANBK.

Meskipun demikian, pemerintah daerah maupun pemerintah kabupaten Bantul telah mengupayakan latihan-latihan (Tryout) guna secara bertahap mengukur kemampuan siswa. Setelah melaksanakan Tryout ASPD Dikpora Bantul yang pertama, kini saatnya para siswa mengikuti Tryout ASPD Dikpora yang kedua. Tak jauh beda dengan siswa MTsN 2 Bantul. Mereka antusias mengikuti Tryout tersebut mulai Senin (27/2/2023) hingga Kamis (2/3/2023). 

Ada beberapa perbedaan dengan ASPD sebelumnya, yakni penamaan mapel ASPD yang berbeda, yakni Literasi Membaca Bahasa Indonesia, Literasi Numerasi, Literasi membaca Bahasa Inggris, dan literasi Sains. Meskipun demikian, cakupan materinya tetap sama dengan ASPD sebelumnya. MTsN 2 Bantul membagi siswa dalam 3 sesi. Masing-masing sesi diisi dengan 56 siswa. 

Bahtiar Wiwit Dwiyanto, Proktor MTsN 2 Bantul menyampaikan bahwa seluruh siswa dapat mengikuti Tryout tersebut dengan baik dan tertib. Sedangkan untuk hasilnya, masih menunggu informasi dari Dikpora. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.