Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kegiatan Studi Wisata untuk siswa kelas 8 merupakan salah satu program tahunan MTsN 2 Bantul. Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini Studi Wisata dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Batu, Malang. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis-Ahad (2-5/3). Adapun obyek wisata yang dikunjungi adalah Air Terjun Coban Rondo, Petik Apel, Museum Munir, Batu Night Spektakuler (BNS), Jawa Timur Park 1, dan Museum Angkut.

“Selama kurang lebih 2 tahun pandemi berlangsung kami tidak bisa menjalankan agenda ini, kini setelah pandemic surut kami mencoba menggalakkan lagi. Selain untuk refreshing, melalui Studi Wisata ini anak-anak akan mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal yang tidak didapatinya di dalam kelas,” ungkap Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul. “Selesai pelaksanaan studi wisata siswa dituntut untuk menyusun karya tulis kunjungan obyek wisata dengan didampingi satu guru pendamping,” imbuhnya.

Kunjungan ke beberapa tempat di Batu Malang, banyak yang memuat wahana edukasi bagi siswa.  Di Jatim Park 1 misalnya, yang merupakan wahana edukasi yang paling variatif. “Ketika kami masuk, kami melihat aneka macam makanan untuk kenduri, berbagai model tempat pelaminan, rumah adat dan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah itu, kami menuju wahana belajar sains, matematika, sejarah dan juga belajar manfaat aneka sayuran ada di sana. Selanjutnya barulah wahana permainan, saya mencoba beberapa permainan yang ada dan cukup menantang adrenalin,” ujar Muthia, salah satu siswa yang ikut kegiatan studi wisata. “Saya dan teman-teman menjajal aneka permainan yang ada di Jatim Park 1. Saya sangat senang dan puas bisa berkunjung ke sini,” pungkas Muthia. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.