Bunda Literasi berkunjung ke Perpustakaan Raudhatul 'Ulum MTsN 2 Bantul. (dok:di)

Bunda Literasi berkunjung ke Perpustakaan Raudhatul 'Ulum MTsN 2 Bantul. (dok:di)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Sabtu (25/2), MTsN 2 Bantul mendapatkan kunjungan Bunda Literasi Kabupaten Bantul, Masruroh, istri Bupati Bantul. Kunjungan Bunda Literasi mengagendakan kampanye Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan dikemas secara apik oleh tim Literasi MTsN 2 Bantul dengan kampanye oleh Bunda Literasi dengan seluruh civitas akademika MTsN 2 Bantul. Kegiatan berlangsung di Mushala Raudhatul ‘Ulum sedangkan acara ramah tamah dilaksanakan di ruang Perpustakaan Raudhatul ‘Ulum.

Hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan Daerah (Kadin Perpusda) Kabupaten Bantul, Sukrisna Dwi Susanta, Kasi Dikmad Kemenag Bantul, Ahmad Musyadad, Kabid Perpustakaan Kabupaten Bantul, Zanita Sri Andanawati dan Pengawas Madrasah Kemenag Bantul, Etyk Nurhayati.

Agenda ini tampak spesial karena MTsN 2 Bantul dikunjungi oleh Bunda Literasi Kabupaten Bantul. Kegiatan Sabtu Setoran (Tutor) jam ke-nol tetap berjalan seperti biasanya. Selanjutnya pukul 07.00 WIB seluruh siswa, guru dan pegawai berkumpul di mushala untuk mendengarkan kampanye GLS. Jika di sekolah lain mungkin kunjungan Bunda Literasi dikemas dengan upacara bendera tetapi di MTsN 2 Bantul lain dari yang lain. Kegiatan dipusatkan di Lab. Keagamaan yang cukup memadai untuk menampung siswa kelas 7,8,9. Seluruh guru dan pegawai mendampingi siswa di mushala.

Di awal pemaparannya Emi mengajak salam literasi pada semua audience seperti yang diajarkan oleh Kadin Perpusda Bantul, Sukrisna dalam sambutan sebelumnya. Yang paling menarik adalah Bunda Literasi menyampaikan materi secara interaktif berdialog akrab dengan siswa. Ia meminta beberapa siswa maju untuk membacakan puisi Bahasa Jawa setelah itu memberikan reward berupa buku dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan literasi. Inti dalam amanat Bunda Literasi menekankan pada kegiatan-kegiatan literasi, “Yang termasuk dalam kegiatan literasi itu ada 5 kegiatan, yaitu membaca, menulis, berbicara (mengungkapkan secara lisan), menghitung dan memecahkan masalah,” ujarnya.

“Harapan saya anak-anak setelah kunjungan saya ini mau berkunjung ke Perpustakaan Madrasah, mau membaca buku-buku yang ada di sana dan sesekali silakan mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bantul untuk meminjam buku atau membaca buku-buku yang ada di Perpusda atau bisa meminjam secara online,” harap Emi. Dalam kesempatan tersebut Bunda Literasi juga diminta menyerahkan penghargaan untuk Duta Baca siswa Putra dan siswa Putri MTsN 2 Bantul tahun 2022 yaitu Aditya Dimas Ramadhan kelas 9B dan Agni Cahya Agustina kelas 9B.

Kunjungan Bunda Literasi di MTsN 2 Bantul berlangsung lancar mulai dari pukul 07.00-10.00 WIB dimana sebelumnya rencana awal hanya akan berlangsung selama satu jam. Kegiatan kunjungan ditutup dengan acara ramah tamah di Ruang Perpustakaan Raudhatul ‘Ulum. Didampingi oleh Kabid Perpustakaan Bantul dan Pengawas Madrasah. Mereka berkesempatan menulis di Pohon Literasi dan menulis di buku tamu menyampaikan kesan pesannya berkunjung di perpustakaan Raudhatul ‘Ulum. Selanjutnya sebelum meninggalkan perpustakaan, acara pemberian kenang-kenangan berupa buket buku hasil karya siswa dan guru yang disampaikan langsung oleh Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.