Darsiti Berikan Materi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Bimtek IKM MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

Darsiti Berikan Materi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Bimtek IKM MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Rabu (8/2/2023), MTsN 2 Bantul selenggarakan Workshop dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan ini diselenggarakan guna mempersiapkan seluruh GTK MTsN 2 Bantul agar siap dan mampu menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran pada tahun ajaran baru kelak. Hal ini juga sebagai respon terhadap KMA nomor 347 tahun 2022, tentang IKM. Kementerian Agama telah membuat panduan pelaksanaan IKM ini sebagai dukungan pada madrasah dalam menerapkan Merdeka.

Sebenarnya, konsep dari kurikulum merdeka antara lain adanya penyederhanaan kurikulum, memberi ruang kreasi dan fleksibilitas satuan pendidikan dalam pengelolaan pembelajaran. Hal ini disampaikan oleh Dra. Darsiti, M.Pd., salah satu narasumber yang dihadirkan dalam Workshop dan Bimtek IKM MTsN 2 Bantul ini. Selain itu, Darsiti menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari IKM ini diantaranya untuk menguatkan pendidikan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila (P3).

“Jadi, muaranya nanti adalah pada pembentukan Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang terbangun dari enam dimensi, yakni: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif,” jelas salah satu anggota tim penilai angka kredit Dikpora Bantul ini.

Lebih lanjut Darsiti menjelaskan tentang perubahan istilah dari kurikulum 2013 ke dalam istilah kurikulum merdeka. Begitu semangatnya memberikan materi hingga Darsiti tidak merasa dirugikan ketika ia harus menambah waktunya untuk menjelaskan seluruh materi hingga selesai berikut contoh-contohnya. Seluruh peserta Bimtek IKM MTsN 2 Bantul pun tetap semangat untuk menimba ilmu baru darinya.(yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.