23 Februari 2024
Keputrian di madrasah, tanamkan pengetahuan yang penuh nasihat. (doc:en)

Keputrian di madrasah, tanamkan pengetahuan yang penuh nasihat. (doc:en)

Bantul (MTsN 2 Bantul) –  Kegiatan keputrian di MTsN 2 Bantul dilaksanakan pagi hari saat Sholat Dhuha berjamaah dan siang hari saat Sholat Dhuhur berjamaah. Mereka adalah siswi yang sedang menstruasi/haid. Koordinator keagamaan MTsN 2 Bantul, Raihanah telah menyusun jadwal rutin pengampu kegiatan tersebut.

Selasa (14/2), Deta Nurvitasari, salah satu pengampu kegiatan keputrian pagi menyampaikan nasihatnya pada para siswa putri yang hadir, dengan topik Komunikasi dalam pergaulan dan pertemanan yang sehat. “Sebagai siswa MTsN 2 Bantul diharapkan saling menjaga komunikasi dan bersosialisasi antarteman seangkatan maupun dengan tingkat kelas yang berbeda. Sebagai contoh jika kalian tidak menjalin komunikasi dengan teman lainnya, pada saat kalian mendapatkan musibah, misalnya tidak membawa uang saku, sepeda kalian gembos/bocor dan tidak membawa HP,  bagaimana kalian akan pulang atau menyelesaikan masalah jika kalian tidak pernah bersosialisasi dengan teman lain. Teman kalian tentunya tidak akan pernah tahu kalau kalian tidak menjalin komunikasi dengan baik,” tuturnya.

“Pertemanan yang sehat adalah pertemanan yang tidak merugikan satu sama lain. Jangan mengkotak-kotak pertemanan kecuali teman kalian sudah toxic dalam artian sudah merugikan kalian. Apabila kalian mendapatkan  hal seperti itu, sebaiknya menjauhlah dan ciptakan pertemanan yang sehat, yakni pertemanan yang bisa saling menghormati saling mendukung satu sama lain tanpa merugikan salah satu pihak,” imbuhnya.

Selanjutnya, Harneti, dalam kesempatan yang sama di siang harinya juga menyampaikan tausyiahnya tentang sholat. “Jangan pernah melalaikan sholat, apalagi untuk meninggalkannya, karena dalam surat Al Ma’un ayat 3,4 Allah telah mengingatkan kita, yang artinya celakalah bagi orang yang sholat (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap sholatnya. Jangan lalaikan, apalagi meninggalkan sholat, karena disamping neraka tempat kita di akhirat nanti, ibadah sholat merupakan kunci diterimanya amal-amal yang lain. Tanpa sholat ibadah yang lain akan sia- sia,” ujarnya.

“Mulai hari ini mari kita selalu menguatkan diri untuk melawan rasa malas dan bisa melaksanakan sholat di awal waktu dengan penuh khusyuk untuk berserah diri di hadapan Allah SWT. Berusahalah untuk menjadi wanita-wanita sholehah karena wanita sholehah akan bertemu jodoh yang sholeh juga, sudah dijanjikan oleh Allah dalam Al Qur’an,” pungkasnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.