2 Maret 2024
Guru memberikan dukungan pada peserta market day dalam rangka jalan sehat Harlah ke-53. (Doc: En)

Guru memberikan dukungan pada peserta market day dalam rangka jalan sehat Harlah ke-53. (Doc: En)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-55 MTsN 2 Bantul, Selasa (31/01), panitia Harlah selenggarakan event Market Day. Kegiatan ini diikuti oleh semua kelas, dari kelas 7A sampai 9E. Agenda ini merupakan salah satu contoh penerapan pendidikan kewirausahaan yang melibatkan semua peserta didik dalam proses produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa berdasarkan kelas untuk membuat produk yang memiliki nilai dan bermanfaat bagi seluruh civitas akademika madrasah. Untuk itu, siswa diminta untuk menjual produknya (distribusi). Sedangkan siswa yang lain, termasuk para guru berperan sebagai konsumen (pembeli).

Aneka macam produk yang dijual siswa dalam event ini merupakan hasil karya siswa yang berupa kreasi makanan dan minuman. Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi dalam mengolah dan menjual produk kuliner. Ada yang menjual tom yum, dimsum, bakso dan ceker mercon. Ada pula yang menjual jajanan pasar seperti klepon, risoles, lemper, dan masih banyak lagi. Siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Produk mereka pun hampir semuanya terjual habis.

Kegiatan market day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di madrasah. “Berbagai karakter siswa dapat ditumbuhkan dari kegiatan market day ini, diantaranya karakter jujur, mandiri, kreatif, bekerja keras, pantang menyerah, teliti dan gotong-royong,” ungkap Musa Surahman selaku Kepala Madrasah. (Agt)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.