2 Maret 2024
Muqodaman offline siswa MTsN 2 Bantul dalam Rangka Harlah 55. (Dok:Nfa)

Muqodaman offline siswa MTsN 2 Bantul dalam Rangka Harlah 55. (Dok:Nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Senin (30/01/2023) MTsN 2 Bantul gelar kegiatan Muqaddaman Offline untuk siswa MTsN 2 Bantul. Kegiatan ini digelar sebagai salah satu dari beberapa rangkaian perayaan kegiatan Harlah ke 55 MTsN 2 Bantul.

Adapun teknis pelaksanaannya, setiap kelas mendapat jatah untuk menyelesaikan 2 juz. Ada 15 kelas di MTsN 2 Bantul. Setiap kelas didampingi wali kelas dan satu pendamping dari guru maupun tenaga kependidikan. Di dalam kelas, siswa dibagi menjadi dua kelompok besar dan masing-masing kelompok menyelesaikan 1 juz disimak dan dikoordinir oleh satu guru/tendik.

Semangat Rayakan Harlah 55, Siswa MTsN 2 Bantul Lakukan Muqaddaman Offline

Kegiatan Muqaddaman di kelas dilaksanakan setelah jamaah sholat Dhuha dan pembiasaan pagi siswa. Muqaddaman berlangsung kurang lebih selama satu jam. Setelah selesai, siswa dikumpulkan di Musholla Raudhatul ‘Ulum untuk mengikuti kegiatan khataman Al Qur’an. Khataman dilakukan dengan terlebih dahulu mengulang Semaan juz 30 yang dibacakan oleh siswa kelas VII A(kelas takhasus). Baru kemudian diakhiri dengan doa khotmil Qur’an, istirahat dan dilanjutkan dengan kegiatan Berzanzi.

Isnan Rosyid, selaku koordinator tim Tahfidz menyampaikan kegiatan Muqaddaman ini sangat penting untuk meningkatkan kecintaan siswa pada Al Qur’an, oleh karena itu setiap tahun selalu diadakan. Selain itu juga sudah ditunjang dengan kegiatan Semaan setiap akhir bulan untuk memperkuat program Tahfidz MTsN 2 Bantul.

Di samping itu, Siti Rohmah, Guru Tahfidz MTsN 2 Bantul, menyampaikan bahwa guru dan tenaga kependidikan dalam rangkaian harlah ini juga telah melaksanakan Muqaddaman online melalui grup WhatsApp yang telah diupayakan khatam saat kegiatan Muqaddaman offline siswa berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat jika dirasa dari bacaan siswa masih ada yang tidak sempurna. (yis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.