2 Maret 2024
Kepala MTsN 2 Bantul Sampaikan Diseminasi Diklat Moderasi Beragama (doc: en)

Kepala MTsN 2 Bantul Sampaikan Diseminasi Diklat Moderasi Beragama (doc: en)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Senin (30/01) usai Sholat Dhuhur, Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul menyampaikan diseminasi Diklat Moderasi Beragama pada guru dan tenaga kependidikan (tendik) di Mushala Raudhatul ‘Ulum. Musa mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan (BDK) Keagamaan Semarang terkait Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Penggerak Penguatan Moderasi Beragama pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Senin-Sabtu (16-21/1). Hasil dari diklat tersebut selanjutnya dibagikan kepada guru dan tendik di lingkungan MTsN 2 Bantul.

Dalam mengawali pemaparannya, Musa menyampaikan tentang apa maksud dari moderasi beragama dengan kegiatan ice breaking. Kelompok yang tidak memenuhi kelompoknya mendapatkan konsekuensi dengan menjawab pertanyaan terkait apa makna moderasi tersebut. Selanjutnya ia menguraikan tentang nilai-nilai moderasi, “Nilai-nilai moderasi  itu meliputi komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi, adaptif terhadap lingkungan, adil, berimbang, kemanusiaan, taat aturan dan kemaslahatan umum,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan tentang asumsi untuk membangun perspektif dengan memperhatikan ladder of inference, melalui kegiatan beliefe, conclusion, assumption, added meaning, dan selected data untuk memperoleh actual experience. Di akhir pemaparannya Musa menyampaikan harapannya. “Dengan diseminasi ini, diharapkan sikap moderat dapat dimiliki oleh semua guru dan pegawai dalam melaksanakan tugas di madrasah,” pungkasnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.