Pertemuan MGMP Bahasa Indonesia di MTsN 8 Bantul. (dok:Adt)

Pertemuan MGMP Bahasa Indonesia di MTsN 8 Bantul. (dok:Adt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Selasa (24/1), MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul selenggarakan pertemuan. Kegiatan dilaksanakan di MTsN 8 Bantul. Pertemuan di akhir bulan Januari ini bertajuk “Pengimbasan Implementasi Kurmer dan Pembahasan Pelaksanaan Character Building beserta PKB tahap II”. Hadir dalam acara tersebut kepala MTsN 8 Bantul, Sugiyono, pengurus dan anggota MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul dan salah satunya adalah Adhitya Arie Wibowo, guru mapel Bahasa Indonesia MTsN 2 Bantul.

Dalam sambutannya, Sugiyono mengatakan, “Kegiatan MGMP ini semoga semakin merekatkan kerjasama antar guru mapel dan memberikan dampak untuk kompetensi guru yang berimbas pada kemajuan belajar peserta didik,” ungkapnya. Ia juga mengingatkan pada peserta kegiatan MGMP untuk senantiasa bersyukur pada tugas yang diterima dan memberikan daya juang terbaik di satkernya masing-masing. “Jika melihat lokasi madrasah kami, saya rasa akan bisa membuat bapak/ibu lebih bersyukur lagi karena sudah ditempatkan di satker yang nyaman dan lebih mudah untuk diakses,” imbuhnya.

Ketika ditemui tim publikasi madrasah, Aditya mengatakan bahwa pertemuan kali ini membahas bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka (Kurmer) di MTsN 9 Bantul selaku Pilot Project implementasi Kurmer di jenjang MTs Kabupaten Bantul. Guru Bahasa Indonesia MTsN 9 Bantul yaitu Yuni Iswari Dewi dan Dwi Apriliya Putri memaparkan bagaiman proses pelaksanaan Kurmer untuk kelas 7 di madrasahnya. “Secara garis besar kurikulum merdeka mengoptimalkan cara belajar anak, karena mengintegrasikan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Bagi guru tentunya kegiatan seperti ini menyulitkan saat sinkronisasi jadwal mengajar,” ungkap Yuni Iswari Dewi.

Banyak pertanyaan interaktif yang muncul dari beberapa guru, yang menjadikan kegiatan semakin konstruktif. Selain itu, disampaikan pelaksanaan kegiatan pembangunan karakter yang rencananya akan diadakan di bulan Februari dengan tujuan wisata Silancur Kabupaten Magelang. “Insya Allah kita akan character building bulan depan. Semoga setiap kegiatan dapat terlaksana sesuai rencana dan selalu diberikan keberkahan dalam pelaksanaanya,” tutup Rusmantoro, ketua MGMP Bahasa Indonesia Mts Kabupaten Bantul.

Selain memperoleh banyak ilmu baru, Aditya berpendapat pertemuan MGMP kali ini cukup menyenangkan. Perjalanan naik ke puncak gunung di wilayah Dlingo Bantul Yogyakarta ini menjadikannya merasa seperti sedang Healing. Udara yang sejuk mengalihkan kepenatan akibat padatnya pekerjaan di madrasah.(aaw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.