Warna-warni kemeriahan upacara HAB Kemenag dengan hadirnya pakaian adat nusantara. (tim: doc)

Warna-warni kemeriahan upacara HAB Kemenag dengan hadirnya pakaian adat nusantara. (tim: doc)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Menindaklanjuti surat edaran sekjen Kemenag RI no. 42 tahun 2022 tanggal 29 Desember 2022 tentang perubahan panduan HAB Kemenag ke-77 tahun 2023 poin 7 tentang Penggunaan pakaian adat nusantara dalam pelaksanaan HAB Kemenag RI tahun 2023, Kankemenag Bantul selenggarakan Upacara Hari Amal Bhakti ke-77 Kementerian Agama di lapangan Paseban, Selasa (03/01).  Dalam upacara yang dibina langsung oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dibacakan juga pesan dari Menteri Agama Republik Indonesia kepada seluruh ASN, PTT dan GTT Kemenag Bantul.

Dalam Upacara Hari Amal Bhakti ke-77 Kementerian Agama ini juga diberikan apresiasi pada peserta upacara yang memakai pakaian adat nusantara di mana setiap satuan kerja wajib mengirimkan dua perwakilannya. Pakaian adat dari berbagai daerah semarak mewarnai meriahnya pelaksanaan upacara. Walaupun sempat diguyur hujan deras dan dipindahtempatkan di Pendopo Parasamya Pemda Bantul, peserta upacara tetap mengikuti upacara dengan khidmat dan penuh semangat.

Semangat moderasi yang diimplementasikan dengan menggunakan pakaian adat nusantara dalam upacara peringatan HAB Kemenag ke-77, menjadi pengingat warga Kemenag Kabupaten Bantul khususnya, untuk senantiasa menjadi penggerak persatuan dan kesatuan bangsa. Menjadikan moderasi beragama sebagai jalan tengah dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sesuai dengan pesan Menteri Agama dalam pidato Peringatan Hari Amal Bakti ke-77, “Keluarga besar Kementerian Agama harus menjadi yang terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat.” (aaw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.