4 Februari 2023
Perwakilan MTsN 2 Bantul menyimak arahan pemateri. (doc: aaw)

Perwakilan MTsN 2 Bantul menyimak arahan pemateri. (doc: aaw)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Di era digital seperti sekarang ini, teknologi, menjadi instrumen penting bagi generasi muda dalam menggapai masa depan yang penuh dengan gemerlap digitalisasi dunia, Sabtu (10/12). Melalui kegiatan bertajuk “Multimedia Trial Class Batch#1 Game Developing” yang diadakan oleh jurusan Multimedia SMK Berbudi Yogyakarta, para siswa belajar mengenal algoritma dasar dalam membuat suatu desain game ringan berbasis desktop. Perwakilan siswa-siswi dari MTsN 2 Bantul turut berpartisipasi  dalam agenda tersebut untuk memperkuat instrumen dunia digital.

Kegiatan yang diselenggarakan di Lab. Multimedia SMK Berbudi Yogyakarta ini diikuti oleh beberapa sekolah tingkat SMP/MTs yang ada di Kabupaten Bantul dan dibimbing langsung oleh guru-guru muda jurusan Multimedia SMK Berbudi Yogyakarta. “Aplikasi yang digunakan dalam kegiatan ini bersifat open source, sehingga kami berharap nantinya para peserta bisa berkreasi sendiri dari rumah masing-masing. Tentunya dengan tetap membawa keceriaan yang mereka dapatkan dalam pelatihan hari ini,” ungkap Yosan Guntara, kepala Jurusan Multimedia.

Lebih lanjut Yosan menjelaskan bahwa Jurusan Multimedia SMK Berbudi Yogyakarta yang sudah hadir dalam dunia pendidikan sejak tahun 2010 menargetkan kegiatan seperti ini sebagai pemantik awal anak-anak, usia SMP/MTs khususnya, untuk lebih dekat pada konsep dasar pemanfaatan multimedia untuk nantinya bisa dikembangkan sebagai usaha pengembangan teknologi secara berkelanjutan. “Pengenalan algoritma multimedia yang dikemas dalam pembuatan game sederhana, adalah sebuah upaya untuk mendekatkan anak-anak pada dunia multimedia. Tema membuat game sederhana, adalah upaya kami untuk membuat anak-anak merasa bahwa belajar multimedia bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan bisa menghadirkan keseruan baru dalam belajar,” ujar Yosan.

Adhitya Arie Wibowo yang mendampingi siswa MTsN 2 Bantul dalam acara tersebut menyambut baik dan apresiasi dengan apa yang diprogramkan oleh pihak SMK Berbudi Yogyakarta. “Harapan kami semoga anak-anak kita yang ikut khususnya akan merasakan manfaat dari mengikuti kegiatan ini dan mereka bisa merasakan asyiknya belajar multimedia dengan membuat game sederhana sehingga belajar menjadi tidak menjemukan tetapi lebih menarik dan seru tentunya,” pungkas Adhit. (Aaw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.