4 Februari 2023
Peserta Lomba Sesorah berfoto bersama usai memberikan penampilan terbaiknya. (doc: dee)

Peserta Lomba Sesorah berfoto bersama usai memberikan penampilan terbaiknya. (doc: dee)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Bertempat di Perpustakaan Raudhatul ‘Ulum MTsN 2 Bantul acara lomba sesorah diadakan pada kemarin Rabu (14/12/2022) acara yang digaungi oleh Yustini Arti ini memiliki tujuan agar siswa dapat menerapkan literasi bahasa sekaligus budaya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui Tugiyo, selaku waka kesiswaan acara ini dapat berjalan dengan lancar dan meriah. Saat itu juga didukung oleh juri yang terdiri dari guru serta karyawan MTsN 2 Bantul. Muji Rahayu, Siti Rofiqoh serta Eka Sri Rahayu selaku dewan juri merasa bangga atas terselenggarannya acara lomba sesorah ini. “Dengan adanya lomba ini kita jadi bisa tahu bagaimana menggunakan bahasa jawa, unggah-ungguh dan menuturkan dengan baik,” ungkap Muji.

Peserta yang berasal dari setiap perwakilan kelas itu tampil dengan maksimal, ada yang menggunakan baju adat jawa, ada yang memakai baju koko, dan ada juga yang memakai seragam sekolah. Tentunya haln ini mereka persiapkan guna mendukung penampilannya. Uniknya dalam lomba sesorah ini ada salah satu siswa yang menggunakan pantun atau parikan di akhir penampilannya, tentunya hal ini membuat juri kagum, “ternyata ada yang kreatif yaaa, persipan yang mantap,” ungkap Siti Rofiqoh.

Pemanggilan peserta lomba diselang-seling, putra dan putri bergiliran, sembari menanti giliran tampil tak sedikit juga peserta yang gigih berlatih. Diakhir acara ditutup dengan evaluasi dari dewan juri. Eka Sri mengungkapkan ” Alhamdulillah ada acara lomba sesorah, saya senang. Semoga siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.” Dewan juri juga mengevaluasi penampilan peserta lomba, penggunaan kalimat hingga ekspresi yang sebaiknya diterapkan. Semoga acara ini dapat menjadi ajang pencarian bibit unggul prestasi siswa. Salam Literasi Budaya, Literasi Bahasa. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.