4 Februari 2023
Siswa MTsN 2 Bantul serius mengerjakan PAS melalui JMD (dok: yis)

Siswa MTsN 2 Bantul serius mengerjakan PAS melalui JMD (dok: yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal tahun pelajaran 2022/2023 untuk siswa kelas 7, 8 dan 9 yang dilaksanakan selama delapan hari, yakni hari Senin hingga Selasa (28/11/2022-6/12/2022) berlangsung tertib dan lancar. PAS kali ini menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD) sebagaimana PTS sebelumnya. Siswa mengerjakan PAS melalui gawai masing-masing. Adapun sedikit kendala bagi beberapa siswa yang tidak memiliki gawai telah teratasi dengan fasilitas ruang komputer MTsN 2 Bantul

Pelaksanaan PAS menyesuaikan jadwal dari K2M Kabupaten Bantul. Tim PAS memutuskan menggunakan 15 ruang ujian yang diawasi oleh 2 orang pengawas untuk masing-masing ruang. Siswa menempati ruang kelas masing-masing kemudian duduk sesuai urutan nomor meja. Siswa juga diberikan Kartu Ujian sebagaimana ujian berbasis kertas. Untuk login JMD ini siswa cukup memasukkan alamat email JMD yang sudah mereka hafalkan sejak awal semester Gasal ini. Semua siswa wajib mengerjakan soal PAS sesuai jadwal yang ditentukan dan tidak boleh keluar kelas meskipun sudah lebih dulu selesai. Setelah mapel jam pertama selesai, para siswa dihimbau untuk menyimpan gawai mereka ke loker gawai yang telah tersedia untuk menjaga agar baterai gawai mereka aman tidak mudah habis. Selain itu, siswa dapat fokus belajar untuk materi berikutnya. Selanjutnya setelah PAS berakhir siswa kita kondisikan untuk sholat dhuhur berjamaah di madrasah, baru kemudian boleh pulang.

Siswa MTsN 2 Bantul mengaku senang mengerjakan soal melalui JMD sebab setelah waktu mengerjakan habis maka mereka bisa langsung dapat mengetahui jumlah nilai mereka.  Hal ini disampaikan Echa Shafa Ramadhani, siswa kelas IX yang juga Ketua OSIS MTsN 2 Bantul kepada di Humas Matsandaba. Lebih Lanjut Echa menyampaikan bahwa menggunakan JDM ini mudah dan efisien. tiak perlu banyak kertas ulangan, dan hasil transparan apa adanya. Siswa juga tertantang kejujurannya sebab jika siswa sering keluar aplikasi soal maka akan tampak warna merah pada namanya saat dipantau oleh panitia. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.