4 Februari 2023
Siswa MTsN 2 Bantul Mengerjakan PAS melalui JMD. (dok: yis)

Siswa MTsN 2 Bantul Mengerjakan PAS melalui JMD. (dok: yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – MTsN 2 Bantul menyelenggarakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal tahun pelajaran 2022/2023 untuk siswa kelas 7, 8 dan 9 selama delapan hari, Senin-Selasa (28/11-6/12). PAS kali ini menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD) dan dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana. Pada saat mengerjakan soal PAS, siswa memakai handphone mereka sendiri, sedangkan siswa yang terkendala dengan gawainya, mereka difasilitasi dengan menggunakan komputer madrasah di Ruang Lab. Komputer dengan satu pengawas ruang.

Lestari Supriyati, selaku Waka Kurikulum menyampaikan bahwa pelaksanaan PAS Gasal kali ini dilaksanakan kedua kalinya menggunakan aplikasi JMD. Pertama kali menggunakan JMD pada saat PTS Gasal beberapa bulan yang lalu.  Adapun pelaksanaan PAS menyesuaikan jadwal dari K2M Kabupaten Bantul. “Dalam pelaksanaan PAS kali ini kita menggunakan 15 ruang yang diawasi oleh 2 orang pengawas agar pelaksanaan PAS berjalan dengan tertib. Aturan setelah selesai jadwal jam pertama, HP siswa disimpan di dalam loker kelas untuk menghemat baterai, kuota dan juga agar tidak dipergunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Siswa bisa fokus belajar untuk materi berikutnya. Selanjutnya setelah PAS berakhir siswa kita kondisikan untuk sholat dhuhur berjamaah di madrasah, baru kemudian boleh pulang,” ungkapnya.

Musa Surahman, selaku kepala MTsN 2 Bantul menyampaikan rasa syukurnya.  “Alhamdulillah PAS Gasal bisa berjalan dengan lancar dan tertib, tidak ada kendala yang berarti. Siswa bisa menggunakan gawainya dengan baik. Mereka sudah diarahkan sejak awal terkait gawai agar mereka tidak mengalami kesulitan masuk aplikasi JMD dan juga kendala kuota. Beberapa siswa ada yang ijin dikarenakan sakit, mereka nanti akan diikutkan dalam PAS susulan. Semoga anak-anak kita nanti memperoleh nilai bagus dan memuaskan seperti yang kita harapkan,” pungkasnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.