4 Februari 2023
Abdul Mustaqim sedang memberikan materi terkait dengan moderasi beragama. (dok. Nfa)

Abdul Mustaqim sedang memberikan materi terkait dengan moderasi beragama. (dok. Nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Berbagai perbedaan agama, suku, ras di Indonesia yang saat ini terjadi sudah sepantasnya kita hadapi dan kita yakini sebagai anugrah. Modrasi beragama dibutuhkan untuk menemukan solusi agar terciptanya kehidupan yang indah, tenggang rasa serta tenang dan damai. Pemahaman terkait moderasi beragama juga perlu ditekankan dan serta disampaikan, baik di kalangan pendidik maupun peserta didik, guna menangkal faham-faham yang sifatnya radikal. Sabtu (19/11/2022) MTsN 2 Bantul menghadirkan Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag. dalam acara Workshop Moderasi Beragama. Dalam sambutannya Abdul Mustaqim menyampaikan bahwa sebenarnya islam adalah agama yang sudah moderat dari awal, akan tetapi saat ini marak umat islam nya yang memiliki pemahaman-pemahaman yang berbeda sehingga menimbulkan beberapa konflik.

Beberapa ciri moderat menurut Abdul Mustaqim ada 5, diantaranya memiliki sikap yang toleran, memiliki sikap keseimbangan dan kesetaraan, memiliki komitmen kebangsaan serta anti terhadap kekerasan serta menghargai nilai-nilai kebudayaan. Abdul Mustaqim juga menyampaikan bahwasannya budaya yang terjadi saat ini tidak bisa serta merta di pisahkan dari agama, karena dahulu wali-wali menyampaikan agama ada yang dari nilai-nilai kebudayaan maupun kegiatan-kegiatan kebudayaan.

Acara Workshop Moderasi Beragama ini selesai pukul 14.30 wib. Penyampaian Abdul Mustaqim selaku narasumber yang santai ini membuat acara berjalan begitu cepat. Dalam akhir acara tak lupa seluruh peserta dipimpin oleh Abdul Mustaqim berdoa bersama. Semoga acara ini dapat memberikan penguatan moderasi beragama bapak ibu guru serta karyawan MTsN 2 Bantul serta dapat memberikan kemaslahatan untuk umat. Amiin. (dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.