4 Desember 2022
Upacara dalam rangka Hari Santri Nasional yang diikuti oleh seluruh warga MTsN 2 Bantul. (tim doc)

Upacara dalam rangka Hari Santri Nasional yang diikuti oleh seluruh warga MTsN 2 Bantul. (tim doc)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Hari Santri merupakan momentum mengingat dan mengenang jasa para santri yang sudah berjuang untuk menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri di Masjid Istiqlal, Jakarta pada 15 Oktober 2015 silam. Penetapan itu diatur melalui penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 terkait Hari Santri.

Untuk memperingati momentum tersebut, MTsN 2 Bantul menggelar Upacara Hari Santri Nasional yang dilaksanakan pada Sabtu (22/10/2022). Upacara diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan dengan khidmat. Para siswa  mengenakan sarung dan peci seperti imbauan Kementerian Agama melalui Surat Edaran Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri 2022, yang antara lain menyebutkan bahwa peserta pria harus memakai sarung dan peci selama upacara. Adapun para siswi mengenakan gamis putih atau pakaian putih dan rok hitam dengan hijab berwarna hitam.

Upacara Peringatan Hari Santri 2022 bertema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’. Adapun tema tersebut menggambarkan peran atau kedudukan santri dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. “Hari Santri Nasional ditetapkan untuk mengapresiasi perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan. Semangat inilah yang harus kalian warisi dalam belajar dengan bersungguh-sungguh di Madrasah”, pesan Musa Surahman selaku Pembina Upacara. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.