4 Desember 2022
Siswa MTsN 2 Bantul sedang melaksanakan PTS dengan menggunakan aplikasi JMD. (dok: eni)

Siswa MTsN 2 Bantul sedang melaksanakan PTS dengan menggunakan aplikasi JMD. (dok: eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Penilaian tengah semester (PTS) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Cakupan penilaian tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh kompetensi dasar (KD) pada periode tersebut.

PTS di MTsN 2 Bantul baru saja selesai dilaksanakan. PTS yang telah berlangsung sejak Rabu pekan lalu (21/09/2022), dengan menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD) berlangsung dengan lancar. “Tidak ada kendala yang cukup berarti yang dialami oleh siswa, mereka mengerjakan di Madrasah dengan didampingi oleh pengawas di tiap ruang ujian,” ujar Adhitya Arie Wibowo selaku Ketua Panitia PTS. “Apabila ada siswa yang memiliki kendala dengan smartphone maupun kuota, mereka bisa mengerjakan di Lab Komputer,” lanjutnya.

Kepala MTsN 2 Bantu, Musa Surahman,  mengungkapkan fungsi dari PTS adalah sebagai bentuk evaluasi bagi para guru, selain itu juga sebagai pendorong peningkatan mutu belajar dan alat pengendali mutu pendidikan secara umum. “Dengan pelaksanaan PTS ini, kami dapat mengukur hasil pembelajaran peserta didik selama setengah semester, dan mengukur apakah materi pembelajaran dari para guru sudah mampu dipahami oleh siswa,” jelasnya . (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.