Kontingen KSM Provinsi DIY foto bersama di Kantor Kanwil Kemenag DIY. (Dok. Agt)

Kontingen KSM Provinsi DIY foto bersama di Kantor Kanwil Kemenag DIY. (Dok. Agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Senin (19/09/2022), Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Pembinaan Pelaksanaan Lomba MYRES dan Kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat DIY Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat PTSP Lantai 1 Kanwil Kemenag DIY. Sebanyak 35 orang tamu undangan hadir dalam acara ini, mereka terdiri dari para guru pendamping dan peserta lomba MYRES 2022 dan lomba KSM 2022 yang akan berlaga di tahapan selanjutnya mewakili Kementerian Agama DIY. 2 siswa MTsN 2 Bantul, Keiza Kirana Mentari dan Anjani Putri didampingi Tugiyo, S.Ag sebagai guru pembimbing hadir memenuhi undangan tersebut seusai sholat Dhuhur berjamaah di madrasah.

Dalam kesempatan tersebut Keiza dan Anjani beserta peserta MYRES yang lain dari MTs dan MA, diberikan pembinaan dan arahan dari H. Abd. Suud, S.Ag., M.S.I, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY dan Ibu Anita. Suud berpesan pada para peserta bawalah nama baik Kemenag Jogja, Madrasah Jogja Istimewa. Ahmad Arif Ma’ruf juga memberikan pembinaan kedua di lantai 3 Kanwil Kemenag DIY. Arif berpesan, “Untuk sementara ini anak-anak harus berfikir positif, harus menang, abaikan mapel yg lain dulu. Setelah dari pembinaan ini nanti harus betul-betul latihan presentasi. Lebih lanjut mintalah doa dari orang tua, guru, teman dan saudara-saudara kalian.  Bacalah juga surat Al Fatihah sebanyak banyaknya,” tegasnya.

Seperti kita ketahui bahwa Keiza dan Anjani telah berhasil lolos 2 tahapan sebelumnya dalam kompetisi MYRES (Madrasah Young Researchers Super Camp) tahun 2022. Mereka berdua telah berhasil lolos tahap pengajuan proposal dan presentasi proposal penelitian yang berjudul “Smart Label Sebagai Sensor Kesegaran Ikan Tuna Berbasis Antosiasin Alternanthera Amoena Dalam Membran Selulosa Bakteri”. Yang mereka lakukan selanjutnya adalah penelitian didampingi oleh guru pembimbing, yang telah berlangsung beberapa kali. Ahad (18/9/2022) mereka mengikuti kegiatan zoom. Berkenan mendampingi mereka dalam zoom tersebut, Musa Surahman, S.Ag., kepala MTsN 2 Bantul. Ia menyampaikan hasil zoom bahwa, “Pengumpulan laporan terakhir pada tanggal 20 September 2022, pengumpulan bahan presentasi terakhir pada 23 September 2022, dan presentasi final pada 24 (MA) dan 25 (MTs) September 2022. Presentasi final selama 7 menit dan dilanjutkan tanya jawab 8 menit.” (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.