4 Desember 2022
Penampilan Padus MTsN 2 Bantul dalam Pembukaan KSM DIY 2022. (Dok:ga)

Penampilan Padus MTsN 2 Bantul dalam Pembukaan KSM DIY 2022. (Dok:ga)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Menjadi tuan rumah Kompetisi Sains Madrasah DIY (KSM) 2022, menjadi momentum istimewa bagi MTsN 2 Bantul. Pasalnya tidak ada event lain yang dapat membuat para pejabat Kanwil Kemenag DIY, semua kepala kantor Kemenag kab di DIY, dan seluruh kamad di Kab. Bantul hadir dalam satu tempat, waktu, dan acara kecuali dalam KSM DIY. KSM DIY ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni Sabtu (10/9/2022) hingga Minggu (11/9/2022). Hal inilah yang membuat MTsN 2 Bantul melakukan berbagai persiapan baik secara sarana prasarana maupun pengisi acara. Salah satunya adalah menyiapkan grup paduan suara sebagai pemandu dalam acara menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah.

Meski hanya memiliki waktu kurang lebih 10 hari sebelum pelaksanaan KSM, tim kesiswaan dan pembimbing ekstra paduan suara bergerak cepat mengumpulkan para siswa yang dirasa memiliki kemauan dan kemampuan untuk bernyanyi. Terkumpulah 20 siswa yang pada akhirnya beberapa hari kemudian bertambah menjadi 35 siswa. Lagu Mars madrasah menjadi lagu yang harus mereka hafalkan dalam waktu singkat.

Yulian Istiqomah, selaku pembimbing ekstrakurikuler paduan suara berpendapat bahwa dalam pementasan Padus kali ini yang utama siswa bisa bernyanyi kompak dan tidak fals terlebih dahulu. Lebih lanjut ia mengatakan,

“Waktu yang terbatas dan teknik vokal yang belum dikuasai siswa menjadikan faktor utama yang membuat penampilan Padus siswa kali ini tidak bisa dibuat variasi/improvisasi lagu seperti penampilan Padus sebelumnya. Bisa bernyanyi kompak tanpa fals saja menurut saya untuk kali ini sudah bagus. Banyak siswa yang selang seling tidak ikut latihan karena sakit juga. Sehingga kualitas suara memang belum bisa maksimal.” Jelasnya.

Meski tidak tampil di atas panggung, para siswa mengaku cukup grogi sebab berdiri terlalu dekat dengan para tamu kehormatan di sisi kiri panggung. Hal ini disampaikan oleh Seldnadia, salah satu siswa paduan suara yang bersyukur tidak jadi tampil sebagai dirigen dalam acara tersebut. Dirigen yang didaftarkan ke sie acara adalah Yustini Arti, guru SBK sekaligus merangkap Kepala Perpustakaan Raudhatul’Ulum MTsN 2 Bantul.

Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, S.Ag. menyampaikan terima kasih kepada para siswa yang telah berpartisipasi dalam grup paduan suara dan tampil perdana dengan cukup baik dalam pembukaan KSM DIY 2022. Ia berpesan untuk tetap semangat berlatih dan belajar sehingga dapat tampil lebih spektakuler dalam event besar madrasah berikutnya. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.