4 Desember 2022
SEMINAR MENDIDIK GENERASI Z DAN ALPHA YANG DISELENGGARAKAN MGMP BAHASA INGGRIS KAB. BANTUL. (AGT)

SEMINAR MENDIDIK GENERASI Z DAN ALPHA YANG DISELENGGARAKAN MGMP BAHASA INGGRIS KAB. BANTUL. (AGT)

Bantul (MTsN  2 Bantul) – MGMP MTs se-Kabupaten Bantul mengadakan seminar bertajuk “Seni Mendidik Generasi Z dan Alpha”. Acara berlangssung di  RM Bebakaran Manding Jalan Parangtritis, Selasa (13/09). Guru yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 36 guru termasuk di dalamnya 3 guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul, Dra. Agustina Suhartati, Sumartini, S.Pd dan Susanti, S.Pd. Hadir selaku narasumber Dr. Muqowim, dosen FITS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ketua MGMP Bahasa Inggris MTs Kabupaten Bantul, Siti Nur Rohmah, S.Pd  menyampaikan tujuan kegiatan seminar ini adalah untuk memudahkan para pendidik merumuskan berbagai program pendampingan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Setiap generasi tentu memiliki nilai-nilai, cara pandang, kekhasan, serta prinsip-prinsip, yang tidak selalu sama dengan generasi-generasi sebelumnya.

Muqowim, di awal pemaparannya menyampaikan bahwa inti pendidikan adalah education of the heart. Ia menjelaskan juga tentang bagaimana pentingnya khatibunnas ‘ala qadri ‘uquulihim, yang artinya berbicaralah kepada manusia, sesuai kadar keilmuannya. Guru sebagai pendidik juga harus memperhatikan gaya belajar siswa, karakter dan memilih cara yang tepat dalam mengajar. Inilah pentingnya guru memahami karakteristik generasi Z dan Alpha. Muqowim memetik pesan dari Sahabat Ali bin Abi Thalib “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka, bukan pada zamanmu.” Founder Rumah Kearifan ini juga mengupas tuntas karakter umum, gaya belajar Gen Z dan Alpha. Di akhir sesi, narasumber yang aktif menulis ini membekali peserta seminar dengan bagaimana kita dalam touching and teaching. Sebagai guru di era sekarang ini yang terpenting bagaimana kita touching peserta didik bukan teaching karena sumber belajar sekarang ini bukan hanya guru tetapi banyak sekali sumber belajar yang bisa ditemukan oleh anak didik kita.

Susanti, ketika ditemui tim publikasi madrasah setelah mengikuti seminar mengatakan sangat senang dan apresiasi dengan pembekalan dari MGMP Bahasa Inggris ini, karena materi seminar kali ini sangat penting dan bermanfaat bagi para guru. “Guru zaman now harus tahu betul bagaimana touching dalam  teaching kita sehingga guru bisa lebih siap mendampingi belajar anak didik sesuai karakter mereka di zamannya. Kita harus memiliki strategi yang tepat dalam mendidik mereka”, tandasnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.