26 September 2022
Mangayubagyo Hari Keistimewaan Yogyakarta, MTsN 2 Bantul Diwarnai Nuansa Adat Jawa. (tim doc)

Mangayubagyo Hari Keistimewaan Yogyakarta, MTsN 2 Bantul Diwarnai Nuansa Adat Jawa. (tim doc)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Rabu, 31 Agustus 2022, segenap guru dan pegawai MTsN 2 Bantul Yogyakarta tampil beda pada saat mengajar dan melaksanakan tugas di madrasah. Mereka semua mengenakan busana adat Jawa dalam rangka memperingati disahkannya Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta. DIY menjadi salah satu provinsi yang mempunyai kekhususan atau keistimewaan berbeda dengan provinsi lainnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan dari wilayah atau sejarah Yogyakarta yang berbeda dari wilayah provinsi lainnya di Indonesia terutama dalam hal pemerintahan dan kebudayaannya. Itu semua sudah diakui oleh para pemimpin negara Indonesia dan juga rakyat Indonesia. Maka dari itu kita semua ikut memperingati hari ditetapkannya Keistimewaan Yogyakarta.

Musa Surahman, S.Ag, Kepala MTsN 2 Bantul mengatakan bahwa sebagai warga yang baik sudah menjadi kewajiban kita untuk ikut mendukung mewujudkan agar Yogyakarta menjadi provinsi yang gemah ripah loh jinawi, bisa mewujudkan kepentingan masyarakat Yogyakarta. “Selanjutnya, mari kita bersama-sama sebagai masyarakat Yogyakarta para pegawai bisa ikut andil dalam mewujudkan pemerintahan yang baik melalui tugas atau karya kita masing-masing. Selain itu diharapkan seluruh warga madrasah senantiasa dapat pula menerapkan budaya Jawa dalam kehidupan sehari-hari, mengisi keistimewaan dengan tetap melestarikan nilai-nilai budaya tradisional Jawa,” imbuhnya.

Dra. Agustina, Waka Humas MTsN 2 Bantul yang menginformasikan pakaian yang digunakan guru dan pegawai pada Rabu (31/8),  menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati disahkannya Undang-undang Keistimewaan Yogyakarta, maka seluruh pegawai menggunakan pakaian adat tradisional Jawa “Gagrag Ngayogyakarta”. Selain itu juga menggunakan bahasa Jawa Kromo khusus pada tanggal 31/8/2022. Hal ini juga yang akan dilakukan di lingkungan MTsN 2 Bantul yang seluruh pegawainya menggunakan pakaian adat Jawa pada Rabu Wage. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.