26 September 2022
Tangkapan layar zoom sebelum pelaksanaan pretest PPG. (dok: nfa)

Tangkapan layar zoom sebelum pelaksanaan pretest PPG. (dok: nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kementerian Agama telah membuka pendaftaran seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG DALJAB) Tahun 2022. Hal tersebut sebagaimana disampaikan melalui Surat Edaran Nomor B 476/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/07/2022 tertanggal 29 Juli 2022. Edaran tersebut berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 332 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis PPG DALJAB Tahun 2022 tertanggal 18 Januari 2022.

Pendaftaran calon peserta bagi guru yang memenuhi syarat dilaksanakan secara daring melalui SIMPATIKA pada tanggal 1 – 5 Agustus 2022. Menindaklanjuti hal itu, 7 guru MTsN 2 Bantul mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi akademik. Ketujuh guru tersebut terdiri dari : 2 guru mapel Seni Budaya ( Siti Nurjanah & Yustini Arti ), 2 guru mapel Bahasa Indonesia ( Adhitya & Nur Faiqoh ), 2 guru mapel PJOK ( Bahtiar Wiwit & Teguh ), 1 guru mapel Matematika ( Deta Nurvitasari).

Setelah dinyatakan lolos seleksi, mulai hari Selasa (23/08) mereka mengikuti pretest PPG yang dilakukan secara daring. Pelaksanaan pretest harus dilakukan di suatu ruangan yang tenang  dengan pencahayaan cukup dan tanpa ada orang lain dalam ruang tersebut. Pada saat pelaksanaan pretest, peserta harus memperlihatkan Surat Pengantar Ujian, KTP asli dan Pakta Integritas yang sudah ditandatangani. Ketika pretest, peserta  bergabung  dengan grup yang diawasi oleh pengawas melalui aplikasi zoom. Selama pretest berlangsung, peserta harus menghidupkan kamera dan suara.

“Alhamdulillah ketika pelaksanaan pretest tidak ada kendala teknis, semuanya berjalan lancar, “ ujar Adhitya, salah satu guru yang mengikuti pretest. “Hanya saja, saya sedikit terganggu ketika terdengar suara berisik dari peserta lain karena suara harus dalam keadaan unmute ketika berlangsung zoom,” katanya melanjutkan. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.