26 September 2022
Sang Saka Merah Putih berkibar di MTsN 2 Bantul dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. (dok:eni)

Sang Saka Merah Putih berkibar di MTsN 2 Bantul dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. (dok:eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Rabu (17/08) diselenggarakan upacara di MTsN 2 Bantul. Upacara dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh seluruh siswa, Guru dan Pegawai.

Petugas upacara yang bertugas pada hari itu terdiri dari siswa kelas VIII dan IX yang telah dipilih secara khusus dan dilatih sebelumnya. Petugas upacara mengenakan seragam warna putih, sedangkan peserta upacara lainnya ada yang mengenakan seragam OSIS, Pramuka, dan Jas sesuai dengan ketentuan. Sementara itu, Bapak/Ibu Guru dan Pegawai mengenakan seragam Korpri dan Hitam Putih.

Pada pelaksanaannya, Musa Surahman, selaku Pembina upacara  membacakan naskah sambutan dari Gubernur DIY. “Dalam budaya Jawa seperti halnya menunaikan patrap, melalui adeping tekad dan cloroting batin, sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng. Peringatan kemerdekaan kali ini sebaiknya diliputi suasana kesahajaan tanpa mengurangi maknanya. Kesahajaan ini juga dalam rangka lelaku introspeksi, agar kita senantiasa mengingat betapa dahsyat kekuasaan yang telah Allah tunjukkan melalui pandemi Covid-19. Hikmahnya, pandemi telah menghentak batin dan nalar, bahwa cobaan ini hanya bisa dilalui melalui gareget golong-gilig lan nyawiji,” demikian kutipan sambutan Gubernur DIY yang dibacakan oleh Pembina upacara.

Para peserta mengikuti upacara dengan tertib dan hikmad, para petugas upacara juga menunjukkan penampilan terbaiknya. “Kami telah mempersiapkan semuanya dengan matang supaya upacara pada hari ini berlangsung dengan baik,” ungkap Susanti selaku pelatih petugas upacara. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.