26 September 2022
MTsN 2 Bantul merayakan Kemerdekaan dengan lomba permainan tradisional. (tim doc)

MTsN 2 Bantul merayakan Kemerdekaan dengan lomba permainan tradisional. (tim doc)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Peringatan Ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 menjadi momentum untuk mengenang arwah pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Tahun ini menjadi tahun pertama peringatan hari kemerdekaan secara meriah setelah kondisi Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama 2 tahun. Kegiatan lomba untuk memeriahkan peringatan 17-an diadakan kembali di berbagai daerah dan juga sekolah-sekolah termasuk MTs Negeri 2 Bantul juga menyelenggarakan berbagai macam event yang dilaksanakan pada hari Jumat ,12 Agustus 2022, bertempat di lingkungan madrasah.

Tugiyo, S.Ag. selaku Waka Kesiswaan MTsN 2 Bantul ketika ditemui tim publikasi menyampaikan berbagai macam kegiatan lomba yang diselenggarakan dalam rangka memperingati kemerdekaan RI yang diadakan oleh madrasah. Kegiatan lomba tersebut wajib diikuti oleh masing-masing kelas dengan mengirimkan wakilnya. Adapun lomba yang harus diikuti antara lain  Memasak Nasi Goreng untuk siswa putri yang terdiri 3 orang, Memasak Sup Buah untuk putra diikuti 3 orang, Egrang untuk putra/putri diikuti oleh 3 orang, Gobak Sodor Putri diikuti oleh 8 orang (5 pemain utama, 3 pemain cadangan) dan Estafet Air Putra yang diikuti oleh 10 orang. Yoyok sapaan akrab Waka Kesiswaan ini, berharap lomba yang diikuti siswa bisa berjalan dengan baik, lancar, dan siswa happy.

Kegiatan Jumat (12/08) diawali dengan pembiasaan karakter pagi sholat dhuha berjamaah dengan rangkaiannya. Selanjutnya pelaksanaan lomba di masing-masing pos yang berlangsung secara meriah, ceria, siswa fun dan antusias dalam mengikutinya. Yang menarik adalah permainan Egrang yang merupakan permainan tradisional. Siswa lincah menaiki alat egrang yang digunakan. Tidak menyangka ternyata siswa bisa melakukannya dengan baik. Lomba lain yang tidak kalah menariknya adalah permainan gobak sodor yang diikuti siswa putri. Ternyata mereka pintar bermain gobak sodor yang merupakan permainan tradisional juga. Yang seru lagi adalah permainan estafet air yang unik dan lucu. Para siswa rela berbasah-basahan untuk memenangkan lomba ini. Dibutuhkan konsentrasi agar air yang diestafetkan tidak habis tumpah di perjalanan.

Dengan mengusung tema “Dari MATSANDABA untuk Indonesia” diharapkan kegiatan ini mampu membangkitkan dan meningkatkan semangat generasi muda Matsandaba dalam mengisi kemerdekaan, juga mampu meningkatkan jalinan kerjasama, semangat generasi muda dalam beraktivitas dan kreativitas. Adapun pembagian hadiah lomba akan diserahkan pada saat pelaksanaan Upacara Bendera memperingati hari Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8). (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.