4 Desember 2022
Anjani Putri dan Keiza, siswa MTsN 2 Bantul yang sedang presentasi MYRES. (dok: tug)

Anjani Putri dan Keiza, siswa MTsN 2 Bantul yang sedang presentasi MYRES. (dok: tug)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Kompetisi MYRES (Madrasah Young Researchers Super Camp) tahun 2022 yang diikuti oleh lebih dari 9000 peserta dari MTs maupun MA se Indonesia meliputi tiga kategori lomba yaitu Ilmu Keagamaan Islam (IKI), Ilmu Sosial dan Kemanusiaan/Humaniora (ISH), dan Ilmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST). Proposal terbanyak yang masuk adalah kategori ketiga dalam penerimaan pendaftaran peserta tahun ini.

Di ajang MYRES tahun ini MTsN 2 Bantul mengikutsertakan beberapa tim risetnya dengan mengirimkan proposal ke panitia. Dari seleksi penilaian proposal penelitian oleh Dewan Yuri tanggal 11-15 Juli 2022 sebanyak 4 siswa bisa lolos tahap pertama presentasi proposal bidang sains dan matematika atas nama Keiza Kirana Mentari dan Anjani Putri dengan mengusung judul “Smart Label Sebagai Sensor Kesegaran Ikan Tuna Berbasis Antosiasin Alternanthera Amoena Dalam Membran Selulosa Bakteri”. Sedangkan bidang sosial dan humaniora diwakili oleh Asti Mulyaningsih dan Siti Aisyah dengan judul “Budaya Reward Dan Healing Generasi Muda, Sebuah Wujud Apresiasi Atau Habituasi Hedonisme?”. Kedua tim tersebut selanjutnya mengikuti presentasi proposal secara online pada tanggal 22 – 24 Juli 2022.

Berdasarkan pengumuman Nomor : Nomor: B-772/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/07/2022 tentang HASIL PENILAIAN PRESENTASI PROPOSAL PESERTA MADRASAH YOUNG RESEARCHERS SUPERCAMP (MYRES) TAHUN 2022 akhirnya tim Keiza Kirana Mentari dan Anjani Putri berhasil lolos ke tahap II. Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti rangkaian kegiatan workshop persiapan pendampingan dan bimbingan bersama secara daring pada 6 Agustus 2022, bimbingan penelitan secara daring sampai 19 September 2022, mengirimkan laporan hasil penelitian pada laman https://madrasah.kemenag.go.id/myres2022/ paling lambat 20 September 2022, menyiapkan presentasi hasil penelitian dan presentasi hasil penelitian pada 24 dan 25 September 2022.

Musa Surahman selaku kepala MTsN 2 Bantul, merasa senang, bersyukur dan bangga pada siswa binaanya yang telah berhasil lolos tahap I dan akan lanjut ke tahap II MYRES 2022. Musa berharap tim Keiza dan Anjani akan lolos lagi di tahap II nanti. “Alhamdulillah, apresiasi pada para siswa dan juga  pembimbing yang akhirnya bisa membuahkan hasil, siswa MTsN 2 Bantul berhasil lolos tahap I MYRES 2022. Semoga tahap II siswa tetap semangat dan memberikan yang terbaik untuk madrasah kita. Bangga rasanya MTsN 2 Bantul bisa menjadi wakil DIY bersama dengan MTsN 6 Sleman dalam lomba MYRES tahun 2022. Bagi kami siswa kita sudah menjadi juaranya dan semoga tahap II nanti anak-anak kita bisa tampil presentasi secara lancar dan  maksimal sehingga benar-benar memang menjadi pemenangnya,” ujarnya ketika ditemui tim publikasi.(Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.