4 Desember 2022
Sosialisasi Jogja Madrasah Digital di MTsN 2 Bantul. (dok:nfa)

Sosialisasi Jogja Madrasah Digital di MTsN 2 Bantul. (dok:nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Misi transformasi digital yang belum lama ini digaungkan oleh Kementerian Agama, disambut baik oleh Kantor Wilayah Kemenag DIY dengan melaunching Aplikasi Jogja Madrasah Digital. Jogja Madrasah Digital merupakan sebuah aplikasi kegiatan pembelajaran dan layanan madrasah terhadap siswa dan masyarakat dalam bentuk layanan digital. Aplikasi ini telah dilaunching oleh Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta bersama seluruh Kepala Madrasah beserta Pokja Guru dan Tenaga Kependidikan se DIY.

Menyambut baik hal tersebut, MTsN 2 Bantul mengadakan sosialisasi aplikasi Jogja Madrasah Digital ini untuk kedua kalinya, yakni pada Sabtu (16/7/2022) lalu. Sosialisasi ini bertempat di Ruang Laboratorium IPA MTsN 2 Bantul dan diikuti oleh seluruh guru yang sedang tidak bertugas. Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, berpesan bahwa Jogja Madrasah Digital ini harus dikawal bersama kesuksesannya dengan cara semua guru di MTsN 2 Bantul dapat bersama-sama mengaktifkan akun di Jogja Madrasah Digital.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu jam ini telah berhasil memberikan informasi tentang bagaimana cara menggunakan materi dari akun mgmp, bagaimana membuka pelajaran online, bagaimana cara mengunggah materi mandiri dan lain sebagainya. Para guru merasa aplikasi ini cukup mudah hanya saja privaci jadi berkurang sebab dari kepala madrasah hingga kanwil bisa memantau pembelajaran. Di samping itu, aplikasi ini hanya akan menjadi sampingan atau rekap proses pembelajaran, sebab pembelajaran yang sesungguhnya telah berlangsung secara offline.

Di sisi lain, para siswa sudah akrab dengan e-learning madrasah, sedangkan kini harus berbalik arah untuk mempelajari aplikasi Jogja Madrasah Digital ini. Semoga tidak mengalami kendala dan diberikan kemudahan dalam mengaksesnya. (Yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.