29 November 2022
Pelepasan balon pembukaan Matsama MTsN 2 Bantul.(dok:eni)

Pelepasan balon pembukaan Matsama MTsN 2 Bantul.(dok:eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Rabu (13/7) MTsN 2 Bantul melaksanakan kegiatan pembukaan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) untuk siswa baru tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan MATSAMA yang diikuti oleh seluruh guru, pegawai dan siswa kelas VII, VIII, IX di halaman tengah MTsN 2 Bantul.

Dalam laporannya Tugiyo, S.Ag selaku ketua panitia MATSAMA menyampaikan bahwa kegiatan akan dilaksanakan mulai hari Rabu (13/7) sampai dengan hari Jumat (15/7) bertempat di MTsN 2 Bantul. Pelaksanaan MATSAMA diikuti oleh 165 siswa terdiri dari 162 siswa baru dan 3 siswa yang mengulang di kelas VII. Pembagian kelas menggunakan nama-nama tokoh Islam yaitu untuk kelas A (Ibnu Sina), B (Al Kindi), C (Al Farabi), D (Ibnu Kholdun), dan E (Ibnu Rusyd). Sedangkan materi yang disampaikan meliputi Wawasan Kemadrasahan, Struktur Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Metode/Model Pembelajaran, Sejarah MTsN 2 Bantul, Kegiatan dan Organisasi Kesiswaan dan Riset, Tata Tertib, PBB, Peminatan/Ekstra dan Prestasi, Literasi, Pengenalan Lagu Madrasah dan Alumni, Sosialisassi Perpustakaan, Pencarian Bakat dan Minat, Pengenalan Program Tahfidz, Pembiasaan Pagi (Dhuha) dan Pembiasaan Siang (Dzuhur).

Musa Surahman, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan MATSAMA adalah untuk mengenalkan lingkungan madrasah, bukan hanya fisik saja tetapi juga terkait kegiatan madrasah selama bersekolah di MTsN 2 Bantul. “Dua tahun yang lalu pelaksanaan MATSAMA dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi Covid 19 tetapi tahun ini dilaksanakan secara tatap muka. Pasti dalam pelaksanaannya nanti akan berbeda. Oleh karenanya siswa kelas VII perhatikan apa yang nanti akan disampaikan oleh guru maupun pendamping agar nantinya kalian siap mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh MTsN 2 Bantul”, tuturnya.

Selanjutnya Musa membuka kegiatan MATSAMA dan penyematan tanda peserta secara simbolis yang selanjutnya diikuti oleh seluruh peserta MATSAMA. Di akhir acara pembukaan MATSAMA ditandai dengan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dimulainya kegiatan.(Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.