29 November 2022
Rapat Kenaikan Kelas MTsN 2 Bantul. (dok: Eni)

Rapat Kenaikan Kelas MTsN 2 Bantul. (dok: Eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Rapat Kenaikan Kelas merupakan salah satu agenda tahunan terkait hasil evaluasi pembelajaran. Dimana pada rapat kenaikan kelas ini yang dibahas hasil belaja siswa kelas VII dan VIII, sedangkan hasil belajar siswa kelas IX diulas dalam rapat kelulusan.

Selasa (21/6/2022), bertempat di ruang kelas IX D, MTsN 2 Bantul gelar rapat kenaikan kelas tahun pelajaran 2021-2022. Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, S.Ag., Waka Kurikulum MTsN 2 Bantul, Lestari Supriyati, S.Pd.I., para wali kelas VII dan VIII, serta para guru pengampu mata pelajaran kelas VII dan VIII.

Rapat kenaikan membahas berbagai hal terkait siswa yang menonjol dalam hal jumlah absen, jumlah mapel di bawah KKM, maupun catatan sikap dan kasus dari BK. Setiap awal tahun pembelajaran, para orang tua siswa sudah mendapat sosialisasi mengenai peraturan, tata tertib, maupun standar kenaikan kelas yang berlaku di MTsN 2 Bantul. Berkas tersebut sudah disahkan atas sepengetahuan komite madrasah. Hal inilah yang dijadikan acuan dalam penentuan siswa naik kelas atau tidak.

Lestari Supriyati menyampaikan bahwa para guru mapel telah melakukan yang terbaik, materi telah disampaikan dengan sejelas-jelasnya kepada siswa, pembimbingan dan pembahasan penugasan pun juga dilakukan.

“Jadi hasil belajar siswa ini tergantung respon siswa itu sendiri dalam pembelajaran. Meski demikian para guru telah bermurah hati memberikan nilai yang baik, penugasan yang belum tuntas tetap harus dituntaskan. Mengapa harus tuntas, sebab nantinya rata-rata rapot dari semester satu hingga terakhir akan menjadi salah satu dasar penentuan kelulusan siswa di kelas IX.” Jelasnya.

Rapat berlangsung dengan lancar dalam suasana ceria para guru pun wali yang saling berbagi opini terkait nama-nama siswa yang masuk daftar pertimbangan. Harapannya semoga semua siswa berhasil menuntaskan tugasnya dan naik kelas berikutnya. (yis) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.