6 Juli 2022
Kirab Wisudawan wisudawati MTsN 2 Bantul. (dok:Eni)

Kirab Wisudawan wisudawati MTsN 2 Bantul. (dok:Eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Wisuda Purna Siswa merupakan program tahunan madrasah yang dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Biasanya bertepatan dengan tanggal pengumuman kelulusan sesuai dengan surat edaran dari Disdikpora. Di MTsN 2 Bantul wisuda diselenggarakan pada Rabu (15/6/2022) di lingkungan MTsN 2 Bantul.

Sie acara tim wisuda MTsN 2 Bantul, Dra. Agustina Suhartati, menyampaikan bahwa pada tahun ini acara prosesi wisuda akan dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya wisudawan wisudawati langsung duduk di kursi masing-masing urut per kelas dan didampingi oleh wali kelasnya, kali ini prosesi wisuda akan memakai kirab diiringi Gending Jawa.

“Jadi dari luar wisudawan wisudawati akan dikirab dulu setelah pra acara. Dalam kirwb tersebut melibatkan OSIS sebagai pembawa bendera, penari, kepala madrasah, kepala Tata Usaha, 4 wakil kepala, dan para siswa kelas IX. Semuanya berbaris dan berjalan pelan menuju kursi masing-masing secara rapi dan tertata. Wisudawan putri dan putra juga didudukkan terpisah. Meski demikian tempat duduk sudah kami atur sedemikian rupa sehingga saat prosesi wisuda, siswa dapat keluar dari deretan kursi sesuai urutannya,” jelas Agustina.

Di samping itu, menurut Mugiyanta, M.Pd., salah satu MC yang bertugas sebagai penyondro (membacakan narasi dalam bahasa Jawa halus) berpendapat, dengan kirab ini, keberadaan para wisudawan menjadi lebih terlihat dan merasa lebih terhormat. Pelaksanaan kirab maupun prosesi wisuda berjalan lancar berkat kerja tim yang hebat dan saling melengkapi. Tahun depan semoga lebih baik lagi. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.