6 Juli 2022
Pembimbingan OSN oleh guru mapel MTsN 2 Bantul.(dok:Adt)

Pembimbingan OSN oleh guru mapel MTsN 2 Bantul.(dok:Adt)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan terletak pada babak penyisihan. Pada tahun ini, OSN dilaksanakan secara serentak secara nasional. Kemudian dipilih masing-masing propinsi 10 peserta terbaik untuk diikutkan dalam final OSN.

Menyikapi hal tersebut, MTsN 2 Bantul berikan bimbingan intensif terhadap siswa yang berminat dan terpilih mengikuti OSN 2022 sebagai delegasi dari MTsN 2 Bantul. Pada tahun ini MTsN 2 Bantul mengirimkan 3 peserta, yakni Echa Shafa Ramadhani untuk cabang Matematika, Alifia Khoirunnisa untuk IPA, dan Asti Mulyaningsih untuk IPS. Sedangkan sebagai pembimbing, MTsN 2 Bantul memilih para guru senior, yakni Dra. Warih Handayani sebagai pembimbing mapel Matematika, Dra. Muji Rahayu mapel IPA, dan Sri Hidayati, S.Pd. pembimbing mapel IPS.

Kamis (9/6/2022) di ruang laboratorium komputer, ketiga pembimbing ini memilih melakukan pembimbingan secara bersamaan agar masing-masing peserta memiliki semangat yang sama dalam belajar. Pembimbingan kali ini dipersiapkan untuk mengikuti trayout OSN yang akan digelar siang hari dan esok hari.

“Saya berikan trik cara cepat mengerjakan untuk Echa di bidang matematika. Hal ini agar siswa lebih mudah dalam berfikir dan mampu menjawab soal dengan cepat dan tepat. Meskipun cara yang sebenarnya juga perlu dikenalkan, namun trik cara cepat ini semoga dapat membantu siswa lebih menghemat waktu,” ungkap Warih Handayani kepada tim humas MTsN 2 Bantul, Kamis (9/6/2022)

Di samping itu, Muji Rahayu dan Sri Hidayati juga telah menyiapkan berbagai koleksi soal OSN yang diperkenalkan pada siswa untuk dipelajari. Tentu saja menyesuaikan dengan silabus OSN yang telah dibagikan oleh penyelenggara, yakni Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

“Kami upayakan yang terbaik semampu kami dalam membimbing, semoga siswa dapat memahami dengan baik dan menerapkannya ketika mengerjakan soal OSN, sehingga bisa masuk 10 besar propinsi. Aamiin.” Ungkap Muji Rahayu.

Selain itu, Sri Hidayati berpendapat bahwa tahun ini tingkat kesulitan soal lumayan. Jadi kemungkinan untuk siswa MTsN 2 Bantul harus berusaha keras untuk dapat menaklukkan soal OSN ini dengan baik. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.