6 Juli 2022
Tampilan dasbor RDM guru mapel apabila telah berhasil unggah nilai. (dok:yis)

Tampilan dasbor RDM guru mapel apabila telah berhasil unggah nilai. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Dengan terselesaikannya seluruh program belajar siswa kelas IX, maka tibalah saatnya madrasah mempersiapkan laporan hasil belajar siswa. Hal inilah yang saat ini diupayakan oleh seluruh guru mata pelajaran kelas IX MTsN 2 Bantul. Mereka telah berjuang untuk membuat laporan penilaian melalui Rapor Digital Madrasah (RDM) dan menyelesaikannya tepat waktu.

Adapun di dalam RDM tersebut, guru mapel harus terlebih dahulu mengunduh template nilai. Nilai yang dipersiapkan meliputi nilai pengetahuan, yang meliputi nilai harian dan nilai PAT. Untuk Nilai harian menyesuaikan jumlah KD masing-masing mapel. Guru juga harus mengisi template nilai keterampilan yang meliputi nilai proyek, nilai unjuk kerja, dan nilai portofolio. Setelah mengisi semua template, guru menguploadnya kembali ke RDM dan mengeklik tombol kirim sehingga semua kelas yang diampu tampak warna hijau pada dasbor RDM.

Wakil kepala bagian kurikulum MTsN 2 Bantul, Lestari Supriyati, S.Pd.I., menyampaikan bahwa madrasah akan mengupayakan Rapor siswa kelas IX akan dibagikan tepat pada saat pengumuman ASPD sekaligus bertepatan dengan Wisuda Purna Siswa.

“Seluruh guru mata pelajaran kami beri batas waktu untuk selesaikan RDM hingga tanggal 31 Mei 2022. Alhamdulillah ketika tanggal 5 kami cek kembali, keseluruhan guru telah menyelesaikan RDM masing-masing, sehingga bisa dicetak leger untuk membuat rata-rata nilai rapor sebagai salah satu aspek penentuan kelulusan,” ungkap Lestari Supriyati kepada tim humas Matsandaba.

Adanya aplikasi RDM ini tentu saja memudahkan semua pihak. Baik guru maupun wali kelas dalam mengelola rapor. Ke depan semoga ada inovasi-inovasi lagi dari kementerian agama untuk madrasah agar memudahkan proses belajar mengajar maupun pelaporan hasil belajar siswa. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.