4 Desember 2022
Pembukaan DWP Kantor Kementrian Agama. (dok. Agt)

Pembukaan DWP Kantor Kementrian Agama. (dok. Agt)

Bantul (MTsN 2 Bantul)—Bertempat di RM Ingkung Kuali 1 Pajangan Bantul, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menggelar acara Pertemuan Rutin, Syawalan dan Peringatan Hari Kartini di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Rabu (18/05). Acara dihadiri Kepala Kantor Kemenag Bantul yang diwakili oleh Kasubag TU H. Mukotip, S.Ag., M.Pd.I., Ketua DWP Kanwil Kemenag DIY Hj. Supartini Masmin Afif, perwakilan pengurus DWP Kemenag Kabupaten/Kota se-DIY, seluruh pengurus dan anggota DWP Kemenag Bantul termasuk di dalamnya DWP MTsN 2 Bantul.

Dalam acara tersebut Hj. Siti Muslimah, SH., MH. selaku Ketua DWP Kemenag Bantul  menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap empat bulan sekali secara bergantian oleh 5 DWP Kemenag se-DIY,  dimana saat ini Kemenag Bantul dipercaya sebagai tuan rumah. Tema pertemuan kali ini adalah “Semangat Kartini Membangkitkan Perempuan Tangguh dan Kreatif”. Tema ini masih terkait dengan Hari Kartini yang sama-sama kita peringati pada tanggal 21 April setiap tahunnya.

”Sebagai perempuan anggota DWP Kemenag, senantiasa meneladani semangat Kartini dalam setiap gerak langkah kita dalam melaksanakan kewajiban sebagai istri, pendamping suami, ibu dari anak-anak kita serta anggota masyarakat baik di kampung maupun di lingkup kerja. Hal ini dibuktikan oleh DWP Kemenag Bantul dalam melaksanakan kewajiban untuk tetap menjalankan kegiatan yang bermanfaat seperti berbagai kegiatan dalam memperingati HAB dan Hari Ibu berupa lomba memasak nasi goreng untuk bapak-bapak di lingkungan Kemenag Bantul, Bakti Sosial di berbagai pesantren, bersih pantai. Pada bulan puasa melaksanakan kegiatan bagi takjil setiap hari Jumat. Tentu saja hal ini juga dilaksanakan di DWP Kemenag lainnya”, kata Muslimah.

Kepala Kantor Kemenag Bantul yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian TU H. Mukotip, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan memohon doa agar Kemenag Bantul menjadi 4 Areas Comparatiive Study. “Mohon doanya, karena doa ibu itu mustajab untuk mengantarkan kami”, kata Mukotip. Mukotip juga mengingatkan Program Transformasi Layanan Umat yang dicanangkan oleh Menteri Agama yang juga harus didukung dengan berbagai kreatifitas ibu-ibu DWP. “Transformasi Layanan Umat bukan hanya pembangunan infrastruktural saja tetapi yang lebih penting adalah mengubah sikap pelayanan yang lebih baik lagi”, imbuhnya.

Hj. Supartini Masmin Afif selaku Ketua DWP Kanwil Kemenag DIY mengatakan pertemuan kali ini seharusnya dilaksanakan bulan April tapi karena bulan puasa jadi diundur bulan Mei ini. Banyak momentum pada hari ini yaitu halal bi halal sekaligus memperingati hari kartini. “Semoga dengan adanya hari kartini ini, perjuangan RA Kartini yang telah memperjuangkan kaum wanita, sebagai wanita tidak hanya diam di belakang tapi harus bisa belajar lebih baik lagi dan mendapatkan kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki”, kata Supartini. Karena pada masa pandemi ini semua kegiatan dilaksanakan secara terbatas, harapan Supartini mudah-mudahan justru dapat menumbuhkan kreatifitas DWP di lingkungan Kanwil Kemenag DIY seperti tema kegiatan hari ini.

Acara dilanjutkan dengan Tausiyah oleh Drs. H. Thoyib Hidayat, M.SI. lalu dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari masing-masing Ketua DWP Kabupaten/Kota se-DIY. DWP MTsN 2 Bantul mengikuti serangkaian acara hingga selesai. Fatimah Musa selaku ketua DWP MTsN 2 Bantul menyampaikan apresiasi dengan kegiatan seperti ini. “Senang bisa ikut dan dapat doorprize juga. Kita juga bisa mengadopsi satu program yang disampaikan masing-masing DWP Kabupaten/Kota tadi untuk dapat diterapkan di MTs kita nantinya.” Imbuhnya. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.