26 September 2022
Kepala Kantor Kemenag Bantul mewisuda Tahfidz siswa MTsN 2 Bantul. (dok: lut)

Kepala Kantor Kemenag Bantul mewisuda Tahfidz siswa MTsN 2 Bantul. (dok: lut)

Kepala Kantor Kemenag Bantul mewisuda Tahfidz siswa MTsN 2 Bantul. (dok: lut)
Kepala Kantor Kemenag Bantul mewisuda Tahfidz siswa MTsN 2 Bantul. (dok: lut)

 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Program Tahfidz merupakan salah satu dari tiga program unggulan MTsN 2 Bantul. Program Tahfidz ini sudah diterapkan secara intensif sejak 4 tahun yang lalu. Puncak dari pelaksanaan kegiatan program Tahfidz ialah wisuda Tahfidz. Adapun pelaksanaannya biasanya disamakan dengan pelaksanaan kegiatan puncak harlah MTsN 2 Bantul.

Pada tahun 2022 ini MTsN 2 Bantul berhasil mewisuda Tahfidz sebanyak 89 siswa yang sebagian besar dari kelas takhasus atau kelas Tahfidz. Setiap pararel telah dibentuk kelas takhasus yang masing-masing memiliki target hafalan yang berbeda. Kelas Takhasus 7 target hafalannya adalah juz 30, kelas Takhasus 8 target hafalannya juz 1, dan kelas takhasus 9 target hafalannya juz 2. Kelas Takhasus memiliki target hafalan 1juz, sedangkan kelas reguler lainnya memiliki target hafalan sesuai silabus Tahfidz yang telah disusun oleh tim dari kementerian agama.

Rabu (30/3) lalu, Bersamaan dengan puncak HAB ke-54, MTsN 2 Bantul telah berhasil mewisuda tahfidz sebanyak 89 siswa. Ke-89 siswa tersebut terbagi menjadi tiga kelompok hafalan, yaitu juz 30, juz 1, dan juz 2. Sebanyak 26 siswa hafidz juz 2 diwisuda oleh Musa Surahman, S.Ag.. Kemudian 35 siswa hafidz juz 1 diwisuda oleh Dra. Ening Yuni Soleh Astuti, MA., sedangkan sebanyak 28 siswa hafidz juz 30 diwisuda oleh Aidi Johansyah, S.Ag. M.M.

MTsN 2 Bantul juga memberikan apresiasi terhadap 3 wisudawan tahfidz terbaik. Ketiga wisudawan tersebut adalah Rahmad Afian Nur Fajri dengan perolehan hafalan 6 Juz, Putri Nur’aini sebanyak 3 Juz, dan Muhammad Noor Afandi sebanyak 3 juz pula. Apresiasi 3 wisudawan terbaik diberikan oleh Kh. Busrowi, pimpinan Pondok Pesantren Al Fatah sekaligus ketua komite MTsN 2 Bantul.

“Alhamdulillah, selama latihan dan bahkan hari ini wisuda, para siswa yang telah terdaftar sebagai wisudawan ini telah melaksanakan semua jadwal dengan tertib dan menghafal sesuai target hafalannya,” ujar H. Isnan Rosyid, S.Pd. selaku pembimbing Tahfidz kelas VII. Hal senada juga disampaikan oleh Eni Munawaroh, M.S.I. pembimbing Tahfidz kelas IX, dan Siti Rohmah, S.H.I. pembimbing Tahfidz kelas VIII. (Yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.