25 September 2022

Duta Baca siswa MTsN 2 Bantul sampaikan isi buku yang dibaca dalam Reading Day. (dok: yis)

 

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Kegiatan literasi tidak lepas dari kegiatan membaca, mereview isi bacaan, menulis kreatif bersumber dari hasil bacaan. Hal yang sama juga dilakukan oleh tim literasi MTsN 2 Bantul. Kegiatan literasi bertajuk reading day yang dilaksanakan pada Sabtu (26/2) lalu ini juga melibatkan peran aktif siswa dalam membaca buku dan mereview isi bacaan.

Kegiatan tersebut disemarakkan oleh Duta Baca siswa putra putri MTsN 2 Bantul yang terpilih pada awal tahun 2022 lalu. Kedua duta baca yaitu Siti Nur Aisyah dan Arvin Aryanto ini memang hobi membaca dan rajin mereview bacaan pada semester sebelumnya, secara daring melalui link Google Form laporan literasi Reading Every Day. Ratusan respons telah mereka kirimkan ke link tersebut selama satu semester. Hal inilah yang membuat mereka akhirnya terpilih sebagai duta baca dan mendapatkan piagam penghargaan dan gift buket buku dari madrasah.

Dalam kegiatan tersebut, kedua duta baca memberikan contoh kepada siswa lainnya dalam mereview isi bacaan secara lisan. Dalam mereview isi bacaan mereka menyampaikan judul buku, nama pengarang, halaman buku yang dibaca, garis besar isi bacaan, dan tanggapan terhadap isi bacaan. Di samping menyampaikan secara lisan. Kedua duta baca ini jg mengisi link laporan literasi Reading Day yang telah disosialisasikan oleh tim literasi madrasah.

“Dengan terpilihnya menjadi duta baca siswa, tentu ini akan menjadi motivasi bagi mereka pada khususnya untuk lebih banyak membaca dan berkarya. Sedangkan untuk siswa lainnya, semoga menginspirasi untuk seperti mereka. Sebab terpilih menjadi duta baca siswa ini juga sebuah prestasi luar biasa. Mereka menjadi 2 terbaik dari 490 siswa. Pada dasarnya kegiatan ini Insyaallah untuk menambah wawasan siswa sehingga mampu meningkatkan prestasi mereka, baik akademik maupun non-akademik.” Jelas Yulian Istiqomah, S.Pd. selaku koordinator literasi MTsN 2 Bantul.

Yulian juga menyampaikan kegiatan Reading Day ini juga tidak lepas dari kerjasama semua pihak, baik guru, pegawai, orang tua, dan siswa. Yang utama adalah dukungan dari perpustakaan Raudhatul ‘Ulum MTsN 2 Bantul, yang terus berusaha menambah koleksi bukunya untuk menunjang kegiatan Reading Day ini. Beragam buku bacaan yang menarik tentunya dapat siswa pinjam dari perpustakaan. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.