16 Mei 2022

Bantul (MTsN 2 Bantul)- Selasa (25/1) bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Bantul, Waka kesiswaan sekaligus pembina gugus depan 15011-15012 MTsN 2 Bantul, Tugiyo, S.Ag., menghadiri kegiatan Pembinaan Gugus Kepramukaan. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 50 Peserta terdiri dari pembina gugus MI, MTS, dan MA.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasi Dikmad Kemenag Kabupaten Bantul, Ahmad Musyadad. Dalam sambutannya, Ahmad Musyadad, S.Pd. M. S. I., menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan Gugus Kepramukaan ini sebagai sarana mempersiapkan Kegiatan Kepramukaan yang lebih maksimal lagi di tahun pelajaran 2022/2023, baik kegiatan intra maupun ekstrakurikuler.

“Kabupaten Bantul merupakan kabupaten ramah anak, maka Pramukanya juga harus ramah anak. Sedangkan kegiatan kepramukaan selama pandemi sangat terbatas sekali,” ungkap Musyadad.

Dalam Kegiatan tersebut, sebagai pemateri pertama adalah Heri Purnomo, S. Pd. M. S., dari KWARCAB Bantul. Dalam kesempatan tersebut, Heri menyampaikan tentang EWPK (Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan), Terutama terkait kegiatan Pramuka dengan sistem blok dan aktualisasi. Sistem blok diajarkan pada waktu pagi include dalam materi pelajaran sedang aktualisasi diajarkan oleh pembina Pramuka setiap seminggu sekali dengan waktu sore hari atau pada ekstrakurikuler. Di samping itu, Heri juga membahas tentang penilaian rapot yang di dapatkan dari nilai blok bukan dari pembinanya.

Tidak kalah menarik dengan materi pertama, pemateri kedua, Tanti Sadmawati, S.H., dari Bidang Diklat Pusdiklat Cabang Bantul, menyampaikan terkait aspek Gugus Depan. Menurutnya, aspek gugus depan terdiri dari SDM, administrasi, dana dan Sarpra, serta kegiatan gugus depan.

Tugiyo mengaku beruntung bisa mengikuti kegiatan tersebut mewakili gugus depan MTsN 2 Bantul. Ke depan ia berharap dapat melakukan beberapa penyesuaian untuk kegiatan kepramukaan sebagaimana arahan dan bimbingan dari para narasumber dalam kegiatan tersebut, sehingga kegiatan kepramukaan menjadi lebih menarik dan terprogram dengan baik di tahun 2022-2023. (yyk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.