25 September 2022

Kegiatan bimtek Proktor ASPD 2022 Dikpora Kabupaten Bantul. (dok: Lut)

 

Bantul (MTsN 2 Bantul)- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten (Disdikpora) Bantul pada Rabu (9/2) menyelenggarakan Bimtek ASPD 2022. Hadir dalam acara tersebut PLT Kepala Bidang Kurikulum Dikpora Retno Yuliastuti, M.Pd, M.M, Kasi Kurikulum PAUD, Anas, dan perwakilan dari kantor Kementerian Agama Bantul, Kasi Pontren Faizah dan beberapa helpdesk yang akan memberikan materi pada Bimtek ASPD. Lutfiatul Khasanah, S.Pd selaku proktor MTsN 2 Bantul turut hadir dan mengikuti kegiatan Bimtek ini.

Retno Yuliasti dalam sambutannya menghimbau satuan pendidikan hendaknya membuat srategi dalam menghadapi ASPD diantaranya persiapan menghadapi Try Out ASPD agar hasilnya lebih memuaskan. Try Out ASPD 2022 ini akan diadakan 3 kali, yaitu Try Out ASPD Dikpora, Try Out ASPD MKKS Bantul, dan Try Out ASPD MKKS Propinsi DIY. Dengan adanya Try Out ASPD ini harapannya agar Kabupaten Bantul nantinya bisa mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan kabupaten lainnya se DIY, imbuhnya.

Sedangkan Anas mengajak para peserta Bimtek untuk bersama-sama menyukseskan ASPD dengan melalui beberapa Try Out ASPD yang diantaranya diselenggarakan oleh DIKPORA. Try Out ASPD juga diselenggarakan untuk PKBM/Pontren (Pendidikan Kesetaraan), ASPD Paket A dilaksanakan menggunakan lembar kertas, ASPD Paket B dan C berbasis Komputer.

Umardhani mengatakan bahwa Try Out ASPD menggunakan aplikasi tahun sebelumnya. Langkah yang pertama adalah proktor melakukan pendataan dengan memasukkan nama peserta didik, sesi dan ruang ke dalam template yang telah di sediakan dengan menghilangkan tanda petik (” ‘ “). Dikpora bekerja sama dengan kominfo untuk pengadaan server pada pelaksanaan tryout ASPD ini dengan spesifikasi 32 core yang dapat digunakan sebanyak 4000 user.

Lutfiatul Khasanah menyambut baik kegiatan Bimtek ini dan mengatakan sebagai Proktor ASPD harus sering mengunjungi web ASPD karena semua informasi disampaikan melalui web termasuk kartu peserta dan juga daftar hadir Try Out ASPD. Tipe Soal pada Try Out ASPD Tahap II adalah click and drag , pilihan ganda komplek, dan pilihan ganda. Harapannya Try Out kali ini siswa MTsN 2 Bantul bisa meraih peringkat atas,” katanya kepada tim publikasi. (Lut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.