16 Mei 2022

Antusiasme siswa MTsN 2 Bantul mengikuti lomba CCA berbasis IT. (dok: Eni)

 

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA) yang dilaksanakan Sabtu, (26/2) lalu masih menyisakan kesan yang mendalam dalam benak siswa dan guru pendamping. Pasalnya, CCA yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HAB MTsN 2 Bantul ke-54 ini diselenggarakan dengan menggunakan aplikasi quiziz. Sebuah aplikasi kuis interaktif yang dapat langsung menampakkan perolehan skor ketika soal selesai dikerjakan.

Dalam perlombaan CCA ini, setiap kelas mengirimkan tiga siswa perwakilannya untuk bertanding secara berkelompok. Jadi total ada 15 kelompok. Kelima belas kelompok ini dikumpulkan salak satu ruangan dengan layar utama besar di depan mereka. Satu kelompok, duduk satu meja. Ruangan telah diatur sedemikian rupa sehingga antara kelompok satu dengan yang lain tidak berdempetan.

“Pada CCA kali ini, kita mencoba pakai metode baru dengan menggunakan aplikasi quiziz secara online. Hal ini sebenarnya lebih mudah dan proses akan lebih cepat. Soal-soal Alhamdulillah sudah siap dalam akun quiziz tim. Dan nanti setiap kelompok akan mengerjakan soal melalui hp masing-masing. Satu kelompok satu akun, dan dalam menjawab soal mereka akan berdiskusi dan berpacu dengan waktu untuk mendapatkan skor terbaik dalam waktu yang singkat,” ungkap Adhitya Arie Wibowo, Koordinator sekaligus inisiator lomba CCA berbasis IT.

Selain itu, kelima belas kelompok tampak mengikuti proses lomba CCA dengan antusias. Mereka tertarik melihat skor yang susul menyusul untuk mendapatkan 8 besar. Dari 8 besar ini akan dipilih 4 besar di final.

“Lomba ini menarik sekali. Kami tidak menyangka begitu selesai mengerjakan, nama kelas kami berhasil menggeser skor kelas lain dan berada pada urutan pertama. CCA menggunakan quiziz ini membuat kami semua terkesan,” ungkap Linda peserta dari kelas IX E.

Para guru pendamping pun mengaku ikut dibuat gemas melihat ekspresi para siswa yang berlomba-lomba mengerjakan soal CCA di quiziz ini. Mereka menilai lomba CCA berlangsung lancar, sukses, dan menyenangkan. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.