25 September 2022
Waka Kurikulum MTsN 2 Bantul Hadiri Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru MTs-MA Bantul
Dr. H. Muhajir M.S.I. menyampaikan materi dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru MTs-MA Bantul. (dok:les)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul dalam hal ini Seksi Pendidikan madrasah, Kamis (27/1) mengadakan kegiatan Peningkatan Mutu Guru MTs dan MA. Kegiatan ini diikuti oleh 44 guru yang mendapat tugas sebagai waka kurikulum di MTs dan MA se-kabupaten Bantul.  Kegiatan yang mengusung topik Menjadi Learder Teacher and Theacher Transformer  ini bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Lestari Supriyati, S.Pd.I, waka kurikulum MTs Negeri 2 Bantul, yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan bahwa materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu Dr. H. Muhajir, M. S. I. sangat menarik. Menurut Muhajir seorang guru harus responsif terhadap tantangan global, seperti era industri 4.0, transformasi digital, dan generasi milenial. Guru hendaknya mampu berkomunikasi lintas generasi dengan baik, memahami karakter tiap generasi, dan yang terpenting menguasai teknologi informasi untuk peningkatan pembelajaran.

Selain mentransfer pengetahuan, guru adalah seorang menager, tandas Muhajir. Guru juga harus mampu mengembangkan nilai-nilai dibalik meteri (esensial knowlade) yang disampaikan. Ini yang terpenting karena jika hanya sekedar transfer pengetahuan bisa digantikan oleh teknologi. Jelasnya.

Lestari Supriyati menyampaikan bahwa dalam pertemuan tersebut pada waka kurikulum madrasah diminta untuk bisa mengemas kurikulum yang berbasis multimedia, student centered, interaktif, religius, multisiciplines, berjenjang, saintifik, dan pembelajaran kritis-solutif. Lestari berharap MTsN 2 Bantul pada tahun pelajaran berikutnya mampu menyusun kurikulum yang lebih baik, sehingga hasilnya pun lebih berkualitas. (les)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.